Carolus Linnaeus Tokoh Biologi Penemu Tata Nama Ilmiah

Carolus Linnaeus merupakan tokoh biologi penemu tata nama ilmiah untuk makhluk hidup (organisme). Sistem pemberian nama makhluk hidup yang digunakan Linnaeus disebut Sistem Binomial Nomenklatur dan bahasa yang digunakan adalah bahasa Latin. Linnaeus lahir pada tanggal 13 Mei 1707 di Rashult, dekat Kristianstad, Swedia dengan nama Karl von Linne. Sejak kecil ia menyukai tumbuh-tumbuhan sehingga ia dijuluki ahli botani kecil.

Linnaeus adalah seorang tokoh biologi ahli ilmu pengetahuan alam dan ahli botani yang terkenal dari Swedia. Dialah yang berhasil menetapkan sistem tata nama ilmiah untuk organisme dan menciptakan deskripsi ringkas, sekaligus menyusun sistem klasifikasi tumbuhan dan hewan, yang dipakai hingga kini.

Carolus-Linnaeus-tokoh-biologi-penemu-tata-nama-ilmiah

Linnaeus masuk fakultas kedokteran di Universitas Lund, lalu di Uppsala. Selama di sekolah kedokteran ia mulai mengoleksi serangga serta mencatat dan menguraikan tumbuhan yang ia kenal. Pada tahun 1732, ia mengadakan penelitian di Lapland untuk Akademi Ilmu Pengetahuan Uppsala. Tiga tahun kemudian ia pergi ke Belanda yang saat itu menjadi pusat penelitian Botani. Ia memperoleh gelar doktor dari Universitas Harderwijk, Belanda. Di negeri itu pula ia menyelesaikan dan menerbitkan bukunya berjudul Fundamental Botanica, Bibliotheca Botanica, dan Genera Plaantarum, yaitu kumpulan catatan yang ia bawa dari Swedia.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Carolus Linnaeus Tokoh Biologi Penemu Tata Nama Ilmiah"