Ciri-ciri Bakteri

No comment 1709 views

Ciri-ciri bakteri secara umum adalah bakteri termasuk makhluk hidup bersel satu yang berukuran sangat kecil dan mempunyai bentuk yang beraneka ragam. Bakteri dapat berbentuk batang, spiral, atau bola. Bentuk tubuh ini dapat dijadikan dasar klasifikasi bakteri. Berikut penjelasan singkat tentang ciri-ciri bakteri.

Bakteri termasuk organisme prokariotik

Bakteri adalah salah satu golongan organisme prokariotik (tidak mempunyai selubung/membran inti). Bakteri sebagai makhluk hidup tentu memiliki informasi genetik berupa DNA, tetapi tidak terlokalisasi dalam tempat khusus (nukleus) dan tidak mempunyai membran inti. Bentuk DNA bakteri adalah sirkuler, panjang, dan biasa disebut nukleoid. Pada DNA bakteri tidak mempunyai intron dan hanya tersusun oleh akson saja. Bakteri juga memiliki DNA ekstrakromosomal yang tergabung menjadi plasmid yang berbentuk kecil dan sirkuler.

Ciri-ciri-umum-bakteri

Ukuran tubuh bakteri sangat kecil

Ciri-ciri bakteri dilihat dari ukuran tubuhnya yaitu ukuran bakteri yang paling besar kira-kira 100 m. Ada pula yang kurang dari 1 m dan yang terkecil kira-kira berukuran 0,1 m (1 mikron = 0,001 mm). Bakteri hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Ukuran bakteri yang lebih kecil dari 0,1 m hanya dapat diamati dengan mikroskop elektron. Sekumpulan bakteri dapat membentuk koloni. Contohnya, pada makanan yang telah busuk, koloni bakteri dapat terlihat dalam bentuk cairan kental, lengket seperti lendir yang berwarna putih kekuningan.

Tubuh bakteri yang sangat kecil dan cara hidup yang beraneka ragam memungkinkan bakteri untuk hidup di mana saja sehingga bakteri dapat ditemukan di mana-mana, misalnya, di dalam tanah, dalam air, dalam sisa-sisa makhluk hidup, dalam tubuh manusia, bahkan dalam sebutir debu. Luasnya distribusi bakteri ini menyebabkan bakteri sering disebut juga dengan kosmopolit.

Bakteri secara umum tidak bisa berfotosintesis

Bakteri pada umumnya tidak mengandung klorofil sehingga tidak dapat membuat makanan sendiri. Namun, ada juga bakteri yang bisa berfotosintesis yaitu bakteri yang mempunyai klorofil seperti bakteri Thiorhodaceae (bakteri belerang). Berdasarkan sumber zat makanannya, bakteri dibagi menjadi bakteri autotrof dan heterotrof. Bakteri heterotrof terbagi menjadi bakteri saprofit dan parasit. Berdasarkan ciri-ciri bakteri berupa kebutuhan oksigennya, bakteri dapat dibedakan menjadi bakteri aerob dan anaerob.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri-ciri Bakteri"