Ciri Ciri Cyanobacteria (Ganggang Biru)

Biologipedia.com - Seperti halnya bakteri, Ciri ciri Cyanobacteria (ganggang biru) yang utama adalah nukleusnya belum bermembran dan belum memiliki beberapa macam organel (mitokondria dan plastida) seperti yang telah dimiliki sel eukariotik. Selain itu, ciri ciri Cyanobacteria atau yang biasa disebut ganggang biru ini adalah adanya klorofil a (autotrof) dan pigmen biru (fikosianin) yang membuatnya tampak berwarna biru kehijauan.

Ganggang biru merupakan salah satu contoh Eubacteria negatif, ada yang bersel satu dan ada yang berkoloni bersel banyak membentuk untaian beberapa sel dengan struktur tubuh yang masih sederhana, berwarna biru kehijauan, serta mengandung klorofil a (autotrof) dan pigmen biru (fikosianin). Klorofil terdapat pada membran tilakoid, bukan pada kloroplas. Dengan adanya klorofil ini, ganggang biru dapat melakukan fotosintesis dan ciri khusus ini lah yang membedakannya dengan bakteri.

Umumnya, ganggang ini dapat mengikat nitrogen di udara. Pengikatan ini dilakukan oleh sel heterosista yang berbentuk benang, tetapi bisa juga bersifat racun karena mengeluarkan toksin yang dapat mematikan makhluk hidup lain di sekitarnya.

Dalam tubuh ganggang biru, tidak ditemukan inti dan kromotofora. Dinding selnya mengandung pektin, hemiselulosa, dan selulosa yang kadang-kadang berlendir. Dinding lendir ini berlekatan dengan plasma. Di tengah sel terdapat bagian yang tidak berwarna yang mengandung asam dioksi-ribonukleat dan ribonukleat. Kedua asam nukleat ini terkumpul di tengah sitoplasma seperti inti dalam tumbuhan tinggi. Kromosom belum tampak dan belum bermembran plasma.

Cyanobacteria (Ganggang biru) dapat hidup di atas tanah lembap, batu-batuan, kulit kayu, air tawar, air laut, dan dapat menempel pada tumbuhan atau hewan. Diambil dari laman www.sridianti.com berikut ini penjelasan singkat tentang ciri ciri Cyanobacteria (Ganggang Biru) dilihat dari bentuk, ukuran tubuh, dan struktur selnya.

1. Ciri Ciri Bentuk dan Ukuran Tubuh Cyanobacteria

Seperti yang telah dijelaskan pada uraian di atas, struktur tubuh Cyanobacteria berbeda dengan bakteri. Bakteri pada umumnya yang bersifat uniseluler (sel tunggal) sedangkan bentuk tubuh Cyanobacteria ada yang multiseluler dan ada pula yang uniseluler. Berikut ini bentuk-bentuk tubuh Cyanobacteria (Ganggang biru).

Tubuh Cyanobacteria yang multiseluler berbentuk filamen (benang), contohnya Oscillatoria, Microcoleus, Rivularia, Plectonema boryanum, dan Anabaena. Cyanobacteria uniseluler ada yang berbentuk bulat soliter (sendiri) dan ada pula yang berkoloni. Cyanobacteria yang berbentuk bulat soliter misalnya Chroococcus dan Anacystis, sedangkan Cyanobacteria yang berbentuk bulat berkoloni, misalnya Merismopedia, Nostoc, Gloeocapsa, dan Mycrocystis.

Gambar bentuk tubuh salah satu anggota Cyanobacteria (Ganggang biru) dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : www.waterboards.ca.gov)

Gambar bentuk tubuh salah satu anggota Cyanobacteria (Ganggang biru) dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : www.waterboards.ca.gov)

Ukuran tubuh Cyanobacteria berkisar 1 mm – 60 mm, sehingga mudah diamati dengan mikroskop cahaya biasa. Oscillatoria princeps merupakan Cyanobacteria berbentuk benang dengan ukuran tubuh terbesar. Cyanobacteria yang berbentuk benang disebut juga trikoma, terdiri atas sel-sel yang tersusun seperti rantai. Pada trikoma terdapat beberapa sel dengan bentuk dan fungsi yang berbeda-beda, yaitu sebagai berikut.

Heterokista, adalah sel yang berukuran lebih besar dari sel-sel tubuh lainnya, berdinding tebal, dengan isi yang jernih dan mengandung enzim nitrogenase. Heterokista berfungsi untuk mengikat nitrogen.

Akinet, adalah sel yang berukuran lebih besar dari sel-sel tubuh lainnya, berfungsi menyimpan cadangan makanan, berdinding tebal, dan mengandung endospora. Sel ini berfungsi untuk mempertahankan diri pada kondisi lingkungan yang buruk.

Baeosit, adalah sel-sel vegetatif yang merupakan hasil reproduksi (pembelahan sel), berbentuk bulat, berukuran kecil, dan berklorofil. Sel ini berfungsi untuk fotosintesis.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Cyanobacteria (Ganggang Biru)"