Ciri Ciri Dan Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta)

Biologipedia.com - Artikel biologi kali ini akan membahas tentang ciri ciri dan klasifikasi tumbuhan paku. Tumbuhan paku memiliki ciri ciri yang digunakan untuk klasifikasi setiap anggota tumbuhan paku. Secara umum ciri ciri tumbuhan paku yaitu memiliki kormus atau tumbuhan yang sudah mempunyai akar, batang, dan daun sejati, juga telah memiliki jaringan pengangkut xilem dan floem yang terdapat pada daun, batang, dan akarnya.

Tumbuhan paku dapat hidup di atas tanah atau batu, menempel di kulit pohon (epifit), di tepi sungai di tempattempat yang lembap (higrofit), hidup di air (hidrofit), atau di atas sampah atau sisa tumbuhan atau hewan (saprofit).

Gambar contoh tumbuhan paku dan bagian-bagiannya (sumber : choirina1930.blogspot.com)

Gambar contoh tumbuhan paku dan bagian-bagiannya (sumber : choirina1930.blogspot.com)

Sebagian besar tumbuhan paku mempunyai batang yang tumbuh di dalam tanah yang disebut rhizoma. Daun mulai tumbuh dari rhizoma tersebut. Daun paku muda ujungnya selalu menggulung. Daun paku dewasa terdiri atas daun fertil dan daun steril. Daun steril adalah daun yang tidak ada bintil-bintil hitam di permukaan bawah daunnya. Daun ini disebut juga daun mandul.

Daun fertil adalah daun paku yang di permukaan bawah daunnya terdapat bintil-bintil kehitaman. Daun ini disebut juga daun subur. Bintil-bintil kehitaman yang terletak di permukaan bawah daun ini adalah kumpulan sporangium yang disebut sorus.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Dan Klasifikasi Tumbuhan Paku (Pteridophyta)"