Ciri ciri Jamur Ascomycota

No comment 3713 views

Ciri ciri Jamur Ascomycota adalah mempunyai hifa yang bersekat-sekat. Ciri ciri dinding sel jamur kelompok Ascomycota yaitu terdiri atas kitin dan dapat hidup sebagai saprofit, parasit, atau bersimbiosis. Ascomycota adalah kelompok jamur yang berkembang biak dengan membentuk spora di dalam selnya (kantung kecil) yang disebut askus.

Pembentukan askus inilah yang menjadi faktor utama dari ciri ciri jamur Ascomycota. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan pembentukan askospora melalui beberapa tahap, yaitu:

  1. Perkawinan (kopulasi) antara gametangium jantan dan gametangium betina.
  2. Bersatunya plasma kedua gametangium yang disebut dengan plasmolisis.
  3. Bersatunya inti yang berasal dari gametangium yang disebut dengan kariogami.
  4. Kariogami yang menyebabkan terjadinya pembelahan reduksi dilanjutkan dengan pembentukan askospora secara endogen menurut pembentukan sel bebas.

Contoh-jamur-Sacharomyces-cereviceae

Perkembangbiakan secara aseksual dapat dilakukan dengan pembentukan konidium, fragmentasi, dan pertunasan. Kelompok jamur ini dapat ditemui di permukaan roti, nasi, dan makanan yang sudah basi. Warnanya merah, cokelat, atau hijau.

Contoh jamur Ascomycota yang hidup sebagai saprofit, antara lain, Saccharomyces cereviciae (khamir bir, roti, dan alkohol), Saccharomyces tuac (khamir tuak), Saccharomyces ellipsoideus (khamir anggur), Penicillium sp. (makanan dan roti busuk), dan Neurospora crassa (pembuatan oncom). Contoh jamur yang tumbuh sebagai parasit adalah jamur Saccharomycosis yang menyerang pada epitel mulut anakanak. Jamur dapat bersimbiosis dengan ganggang hijau membentuk Lichenes (lumut kerak). Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri Jamur Ascomycota dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri ciri Jamur Ascomycota"