Ciri-ciri Jamur Zygomycota

No comment 8952 views

Ciri-ciri jamur Zygomycota yang utama adalah jenis reproduksi (perbanyakan diri) seksualnya yang berupa pembentukan zigospora. Selain zigospora, ada juga ciri-ciri jamur Zygomycota yang lainnya. Zigospora terjadi karena peleburan dua gametangium yang menghubungkan kedua hifa induk seperti jembatan penghubung.

Rhizopus-sp

Secara umum, ciri-ciri jamur yang termasuk dalam divisi Zygomycota antara lain :

  1. Biasa hidup sebagai saprofit.
  2. Miselium bercabang banyak dan hifa tidak bersekat sehingga terlihat seperti pipa atau buluh.
  3. Dinding sel terdiri atas kitin, tidak memiliki zoospora sehingga sporanya merupakan sel-sel yang berdinding. Spora inilah yang tersebar ke mana-mana.
  4. Perkembangbiakan secara aseksual dilakukan dengan spora yang berasal dari sporangium yang telah pecah. Beberapa hifa akan tumbuh dan ujungnya membentuk sporangium. Sporangium berisi spora. Spora yang terhambur inilah yang akan tumbuh menjadi miselium baru.
  5. Perkembangbiakan secara seksual dilakukan dengan peleburan dua hifa, yaitu hifa betina dan hifa jantan. Hifa jantan adalah hifa yang memberikan isi selnya. Hifa betina adalah hifa yang menerima isi selnya. Perkembangbiakan ini dilakukan dengan gametangium yang sama bentuknya (hifa jantan dan hifa betina) yang mengandung banyak inti. Selanjutnya, gametangium mengadakan kopulasi.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri-ciri Jamur Zygomycota"