Ciri Ciri Kingdom Monera

No comment 4766 views

Biologipedia.com - Ciri ciri kingdom monera yang utama dapat dilihat dari jenis selnya. Monera adalah makhluk hidup dengan sel prokariotik tunggal, yaitu suatu sel yang tidak mengandung nukleus atau organel yang terikat membran. Kelompok makhluk hidup yang termasuk monera adalah Bakteri dan Cyanobacteria (ganggang biru). Monera adalah bentuk kehidupan paling sederhana yang pernah ada.

Ciri ciri kingdom monera berikutnya adalah umumnya monera berkembang biak dengan pembelahan biner. Selama lebih dari 2 juta tahun, monera adalah satu-satunya bentuk kehidupan di bumi. Sekarang jumlahnya masih sangat banyak. Monera memegang peranan penting dalam mendaur ulang zat makanan mineral. Kelompok ini berjumlah lebih dari 4.000 spesies.

Ciri ciri kingdom monera jika dilihat dari ukurannya adalah mempunyai ukuran yang kecil (sekitar 0,7 - 1,3 mikron). Dengan ukuran yang sekecil ini, sudah pasti monera akan luput dari perhatian kita, namun ia terdapat hampir di seluruh bagian bumi. Saat kita membaca buku pun bakteri (salah satu anggota monera) ada di sekitar kita dan jumlahnya sangat banyak sekali. Jika dilihat dari habitatnya, ciri ciri kingdom monera yaitu hidup di darat, air, dan udara. Bahkan bakteri ada yang hidup di mata air panas yang dapat membakar kulit.

Bakteri merupakan salah satu contoh monera yang terdapat di sekitar kita.

Bakteri merupakan salah satu contoh monera yang terdapat di sekitar kita.

Sebagian besar monera mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Akan tetapi, dari biologi molekuler ditemukan adanya perbedaan pada RNA ribosom. Perbedaan itu dijadikan dasar pembagian monera menjadi Archaebacteria dan Eubacteria. Bakteri dan Cyanobacteria adalah sebagian contoh dari Eubacteria. Pembagian ini dilakukan dengan metode sequencing gen yang dilakukan oleh Woese dan kawan-kawan.

Dari uraian tersebut dapat ditarik kesimpulan secara sederhan tentang ciri ciri kingdom monera secara umum, yaitu :

  1. Monera merupakan makhluk hidup bersel prokariotik tunggal, yaitu suatu sel yang tidak mengandung nukleus atau organel yang terikat membran.
  2. Monera berukuran sangat kecil (sekitar 0,7 - 1,3 mikron) sehingga hanya bisa dilihat dengan mikroskop.
  3. Pada umumnya monera berkembang biak dengan pembelahan biner.
  4. Monera mempunya habitat di di darat, air, dan udara. Bahkan ada yang di tempat ekstrim seperti di mata air panas.
  5. Berdasarkan perbedaan pada RNA ribosom, monera dibedakan menjadi Archaebacteria dan Eubacteria.

Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri kingdom monera. Terima kasih atas kunjungan anda dan semoga bermanfaat. Anda juga bisa membaca artikel lain tentang Archaebacteria dan Eubacteria pada blog ini agar lebih paham tentang ciri ciri kingdom monera.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Kingdom Monera"