Ciri Ciri Kingdom Protista

No comment 4082 views

Biologipedia.com - Ciri ciri kingdom protista secara umum dapat dijelaskan sebagai berikut. Dilihat dari struktur selnya, protista mempunyai ciri ciri yaitu makhluk hidup bersel satu, ada yang berkoloni dan ada yang bersel banyak. Sel protista telah memiliki membran inti (selnya bersifat eukariotik) tetapi belum memiliki jaringan.

Protista berasal dari bahasa yunani, yaitu protos yang berarti pertama atau mula-mula, dan ksitos artinya menyusun. Maka kingdom ini beranggotakan makhluk bersel satu atau bersel banyak yang tersusun sederhana. Meskipun begitu, dibandingkan dengan monera, protista sudah jauh lebih maju karena sel-selnya sudah memiliki membran inti atau eukariota.

Protista diperkirakan sudah ada di bumi kita sejak 1-2 miliar tahun yang lalu, sebelum ada organisme tingkat tinggi. Organisme yang tergabung dalam protista pernah membuat bingung para ahli taksonomi karena ada yang mirip tumbuhan, ada yang mirip dengan hewan, dan ada pula yang mirip dengan jamur. Untuk menjebatani perbedaan itu maka lahirlah kingdom baru, yaitu protista. Jadi, protista bukanlah hewan atau pun tumbuhan, tetapi hanya mempunyai sifat yang menyerupai hewan, menyerupai tumbuhan, ataupun menyerupai jamur.

Semua makhluk hidup eukariotik yang bukan merupakan hewan dan tumbuhan masuk dalam kelompok protista. Kelompok makhluk hidup protista yang menyerupai tumbuhan adalah ganggang (Algae), kelompok protista yang menyerupai hewan adalah Protozoa, sedangkan kelompok protista yang menyerupai jamur adalah jamur lendir dan jamur air.

Gambar salah satu anggota kingdom protista (sumber gambar : www.deviantart.com)

Gambar salah satu anggota kingdom protista (sumber gambar : www.deviantart.com)

Ciri ciri kingdom protista berikutnya adalah habitatnya berada di dalam air, dapat berupa plankton yang melayang-layang di dalam air atau melekat di dasar sungai, laut, atau danau. Protista dapat pula hidup di dalam tanah dan di tempat-tempat yang lembap, baik sebagai parasit maupun sebagai saprofit, serta dapat pula hidup bersimbiosis dengan organisme lainnya.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Kingdom Protista"