Ciri Ciri Protista Mirip Jamur

No comment 6151 views

Biologipedia.com - Protista mirip jamur tentunya mempunyai ciri ciri yang mirip dengan jamur. Ciri ciri protista mirip jamur secara umum adalah protista ini mempunyai struktur tubuh dan cara reproduksi yang mirip dengan kelompok jamur (Fungi). Contohnya cara reproduksi jamur lendir yang hampir sama dengan jamur, tetapi tidak dapat dikelompokkan dalam kingdom jamur (Fungi) karena gerakan pada fase aseksualnya lebih mirip dengan Amoeba. Sementara itu, jamur air lebih menyerupai ganggang pada struktur molekulnya, hanya saja tidak mengandung klorofil. Oleh karena itu, jamur lendir dan jamur air di masukkan ke dalam kelompok protista mirip jamur.

Protista mirip jamur secara umum dibedakan menjadi 2 filum yaitu Filum Jamur Lendir (Mycomycota) dan filum Jamur Air (Oomycota). Filum Jamur Lendir (Mycomycota) dibedakan lagi menjadi 2 kelompok yaitu Acrasiomycota (Jamur Lendir Bersekat) dan Myxomycota (Jamur Lendir Tidak Bersekat). Berikut ini saya sajikan tentang ciri ciri protista mirip jamur untuk masing-masing filum, yaitu jamur lendir dan jamur air.

Gambar Physarium sp yang merupakan salah satu anggota protista mirip jamur Filum Jamur Lendir (Mycomycota) (sumber : www.granadanatural.com)

Gambar Physarium sp yang merupakan salah satu anggota protista mirip jamur Filum Jamur Lendir (Mycomycota) (sumber : www.granadanatural.com)

Ciri ciri protista mirip jamur yang termasuk filum jamur lendir (Mycomycota) adalah sebagai berikut :

  1. Bentuk tubuh seperti lendir (plasmodium) yang merupakan massa protoplasma tidak berdinding.
  2. Berinti banyak, bersel satu atau bersel banyak.
  3. Struktur tubuh vegetatif menyerupai Amoeba, berbentuk seperti lendir (plasmodium), tetapi cara berkembang biaknya menyerupai Fungi.
  4. Berkembang biak secara aseksual dan seksual. Pencernaan makanan yang dilakukan pada fase vegetatif (aseksual) dilakukan menyerupai Amoeba. Pada tingkat dewasa, Plasmodium akan membentuk kotak spora seperti pada Fungi. Setelah matang, kotak spora ini akan pecah dan mengeluarkan spora. Spora yang berkecambah akan membentuk sel gamet yang menyerupai Amoeba. Sel-sel gamet ini bersifat haploid dan akan melakukan singami atau peleburan dua gamet dengan ukuran yang sama dan tidak dapat dibedakan antara sel jantan dan betina yang akan menghasilkan zigot.
  5. Biasa hidup di hutan-hutan basah, tanah lembap, batang kayu yang membusuk, kayu lapuk, atau sampah basah.
Gambar Saprolegnia sp yang merupakan salah satu anggota protista mirip jamur Filum Jamur Air (Oomycota) (sumber : www.lookfordiagnosis.com)

Gambar Saprolegnia sp yang merupakan salah satu anggota protista mirip jamur Filum Jamur Air (Oomycota) (sumber : www.lookfordiagnosis.com)

Ciri ciri protista mirip jamur yang termasuk filum jamur air (Oomycota) adalah sebagai berikut:

  1. Oomycota dapat hidup di air atau tempat-tempat lembap dan mempunyai oospora sebagai penghasil spora.
  2. Spora yang dihasilkan oleh zigot berdinding tebal yang berfungsi sebagai pelindung. Pada kondisi tertentu, spora akan tumbuh menjadi hifa baru.
  3. Dinding sel berupa selulosa.
  4. Mempunyai banyak inti yang terdapat dalam benang-benang hifa.yang tidak bersekat.
  5. Berkembang biak secara aseksual dengan pembentukan zoospora. Zoospora ini dilengkapi dengan alat berenang berupa dua buah flagel. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri protista mirip jamur dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Protista Mirip Jamur"