Ciri Ciri Protista Mirip Tumbuhan

No comment 3710 views

Biologipedia.com - Ciri ciri protista mirip tumbuhan yang utama adalah adanya klorofil yang terkandung di dalam sel tubuhnya. Protista yang dimaksud mirip tumbuhan adalah ganggang dan euglena. Ganggang adalah protista yang menyerupai tumbuhan, berwarna hijau, dan berbentuk seperti benang-benang halus.

Mengapa ganggang dikatakan mirip tumbuhan? Karena ganggang merupakan Protista yang mengandung klorofil dan dapat berfotosintesis untuk memenuhi kebutuhan makanannya sendiri. Lalu, mengapa ganggang hanya dikatakan menyerupai tumbuhan? Mengapa ganggang tidak dimasukkan ke dalam kingdom tumbuhan? Bukankah ganggang dapat membuat makanan sendiri? Ganggang memang bukan merupakan tumbuhan karena ganggang tidak mempunyai akar, batang, dan daun sejati seperti yang dimiliki oleh tumbuhan.

Gambar Ganggang Hijau Spirogyra, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : www.ohio.edu)

Gambar Ganggang Hijau Spirogyra, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : www.ohio.edu)

Jika kita memperhatikan dasar kolam pada musim kemarau, maka akan terlihat dasar kolam tersebut berwarna hijau. Mengapa air kolam berwarna hijau? Apakah warna hijau di dasar air kolam tersebut disebabkan adanya ganggang hijau yang tumbuh di dalamnya? Kemungkinan besar jawabannya iya, memang di dasar kolam terdapat ganggang hijau.

Ciri ciri protista mirip tumbuhan berikutnya adalah tentang habitatnya. Ganggang dapat hidup di air tawar dan di air laut, tetapi ada pula yang hidup di tempat-tempat yang lembap, seperti dinding tembok kamar mandi, batu-batuan, atap rumah, atau kulit-kulit pohon.

Ganggang juga memiliki ciri lain yang sama dengan Protista, yaitu memiliki membran inti, ada yang bersifat uniseluler dan ada yang multiseluler. Ganggang dapat berbentuk benang, lembaran, atau koloni sel. Reproduksi ganggang dapat dilakukan secara seksual dan aseksual. Secara seksual dilakukan dengan cara isogami dan oogami.

Isogami terjadi jika antara sel betina dan sel kelamin jantan mempunyai ukuran yang sama dan sulit dibedakan. Oogami terjadi jika antara sel kelamin jantan dan sel kelamin betina mempunyai bentuk dan ukuran yang berbeda dan mudah dibedakan.

Dari peleburan dua sel kelamin tersebut, akan terjadi pembuahan yang menghasilkan zigot. Zigot akan terus berkembang menjadi individu baru. Ganggang dapat dikelompokkan menurut pigmen yang dimilikinya menjadi beberapa golongan, yaitu ganggang cokelat (Phaeophyta), ganggang pirang (Chrysophyta), ganggang merah (Rhodophyta), ganggang hijau (Chlorophyta), dan ganggang Euglenophyta.

Euglena mempunyai ciri ciri hidup di air tawar, misalnya, air kolam, sawah, sungai, atau parit. Makhluk hidup ini berwarna hijau, berklorofil, dan berfotosintesis sehingga dimasukkan ke dalam dalam kelompok makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan.

Gambar struktur sel euglena (sumber gambar : en.wikipedia.org)

Gambar struktur sel euglena (sumber gambar : en.wikipedia.org)

Euglena juga mempunyai ciri-ciri yang menyerupai hewan karena dapat bergerak aktif, cara memasukkan makanan melalui mulut sel, tidak berdinding sel, dan mempunyai bintik mata sehingga Euglena ini merupakan makhluk hidup yang menyerupai hewan dan sekaligus juga merupakan makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan, contohnya, Euglena viridis.

Penjelasan tentang klasifikasi dan ciri ciri masing-masing kelompok protista mirip tumbuhan akan dijelaskan pada artikel biologi tersendiri di blog ini. Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri protista mirip tumbuhan secara umum, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri Ciri Protista Mirip Tumbuhan"