Ciri ciri Virus Secara Biologi

No comment 3496 views

Berikut ciri ciri virus secara umum dilihat dari ilmu biologi. Virus mempunyai ciri ciri atau sifat-sifat yang membedakannya dari mikroorganisme yang lain, yaitu :

  1. Dalam tubuh virus terkandung salah satu asam nukleat, DNA atau RNA saja.
  2. Dalam proses reproduksinya, hanya diperlukan asam nukleat.
  3. Virus berukuran sangat kecil sekitar 20 – 300 milimikron.
  4. Virus tidak memiliki kemampuan untuk memperbanyak diri di luar sel-sel hidup, dapat dikatakan virus bukanlah makhluk hidup yang mandiri, melainkan makhluk hidup yang memanfaatkan sel-sel hidup untuk memperbanyak diri.
  5. Multiplikasi terjadi pada sel-sel hospes.
  6. Virus dapat dikristalkan (sebagai benda tak hidup) dan dapat dicairkan kembali.

ciri-ciri-virus-1

Gambar Ilustrasi Virus

Cabang biologi yang mempelajari tentang virus adalah virologi. Virus berasal dari bahasa Latin yang berarti racun. Hampir semua virus menimbulkan penyakit pada makhluk hidup lain. Virus digolongkan ke dalam kingdom tersendiri karena sifatnya (ciri-cirinya). Virus hanya dapat dilihat dengan mikroskop elektron. Setiap orang, baik anak-anak maupun orang dewasa, dapat terserang virus. Beberapa penyakit menular yang disebabkan oleh infeksi virus adalah influenza, batuk, pilek, tifus, gondong, cacar air, herpes, AIDS, dan hepatitis.

Istilah virus biasanya merujuk pada partikel-partikel yang menginfeksi sel-sel eukariota (organisme multisel dan banyak jenis organisme sel tunggal), sementara istilah bakteriofage atau fage digunakan untuk jenis yang menyerang jenis-jenis sel prokariota (bakteri dan organisme lain yang tidak berinti sel).

ciri-ciri-struktur-tubuh-virus

Gambar Ciri ciri Struktur Tubuh Virus

Virus sering diperdebatkan statusnya sebagai makhluk hidup karena ia tidak dapat menjalankan fungsi biologisnya secara bebas jika tidak berada dalam sel inang. Karena karakteristik khasnya ini virus selalu terasosiasi dengan penyakit tertentu, baik pada manusia (misalnya virus influenza dan HIV), hewan (misalnya virus flu burung), atau tanaman (misalnya virus mosaik tembakau/TMV). Demikian penjelasan singkat tentang ciri ciri virus secara biologi dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Ciri ciri Virus Secara Biologi"