Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan

No comment 4362 views

Contoh jamur Ascomycota yang menguntungkan bagi manusia dan hidup sebagai saprofit antara lain jamur Saccharomyces cereviciae (khamir bir, roti, dan alkohol), Saccharomyces tuac (khamir tuak), Saccharomyces ellipsoideus (khamir anggur), Penicillium sp. (makanan dan roti busuk), dan Neurospora crassa (pembuatan oncom). Berikut ini penjelasan singkat tentang beberapa contoh jamur yang termasuk kelompok Ascomycota beserta ciri ciri dan manfaatnya.

Jamur Sacharomyces cereviceae

Salah satu contoh Jamur Ascomycota yang menguntungkan bagi manusia adalah Sacharomyces cereviceae yang merupakan kelompok Saccharomycota. Kelompok ini dianggap sebagai penjelmaan dari Endomycota. Jamur ini hidup sebagai saprofit dan sering dimanfaatkan untuk pembuatan kue, tapai, alkohol, roti, atau bit, bersifat uniseluler, sel berbentuk bulat, tidak berhifa, dan berkembang biak dengan pertunasan. Sebagian ada yang tumbuh di makanan tertentu yang mempunyai hifa, tetapi tidak tetap dan terputus-putus menjadi sel yang terpisah-pisah. Dinding selnya mengandung fosfor glikoprotein.

Contoh-jamur-Sacharomyces-cereviceae

Ragi atau Sacharomyces cereviceae menguntungkan bagi manusia terutama untuk mengembangkan adonan roti dan pembuatan alkohol. Ragi dikelompokkan ke dalam Ascomycota karena pembiakan seksualnya dilakukan dengan membentuk askospora. Jika keadaan lingkungan memungkinkan untuk tumbuh, ragi berkembang biak secara aseksual dengan membentuk tunas, kemudian tunas ini memisahkan diri. Sering kali tunas tersebut tetap melekat pada induk dan bertunas lagi sehingga membentuk koloni.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Contoh Jamur Ascomycota Yang Menguntungkan"