Filum Nemathelminthes (Cacing Gilig)

No comment 4494 views

Biologipedia.com - Nemathelminthes adalah cacing yang berbentuk bulat panjang (gilig). Cacing ini dapat hidup di tanah lembap, air tawar, air asin, dan berparasit pada hewan atau manusia. Contoh cacing yang berparasit dalam tubuh manusia adalah sebagai berikut.

a. Enterobius vermicularis (Cacing Kremi)

Cacing ini berwarna putih, berukuran kecil, dan hidup di usus besar manusia, tepatnya dekat anus. Keberadaan cacing ini sangat mengganggu aktivitas manusia karena menyebabkan rasa gatal. Setelah digunakan untuk menggaruk, tangan harus segera dicuci. Jika tidak segera dicuci, telur cacing yang ikut terbawa di dalam kuku-kuku tangan akan ikut termakan ketika memakan makanan. Cacing tersebut akan masuk dan menetas di dalam perut. Keadaan ini disebut dengan autoinfeksi.

Gambar daur hidup / siklus hidup Enterobius (Cacing Kremi) (sumber : medical-dictionary.thefreedictionary.com)

Gambar daur hidup / siklus hidup Enterobius (Cacing Kremi) (sumber : medical-dictionary.thefreedictionary.com)

b. Ascaris lumbricoides (Cacing Askaris)

Cacing ini dapat terbawa masuk ke dalam tubuh manusia melalui makanan yang telah tercemar. Telur cacing dapat keluar bersama tinja manusia. Telur cacing yang masuk ke dalam usus akan menetas menjadi larva, kemudian larva akan berkembang menjadi cacing baru. Cacing ini akan mengambil makanan dan mengisap darah penderita cacingan sehingga keadaan orang yang menderita cacingan akan terlihat pucat dan perutnya buncit.

Gambar daur hidup / siklus hidup Ascaris lumbricoides (sumber : www.cdc.gov)

Gambar daur hidup / siklus hidup Ascaris lumbricoides (sumber : www.cdc.gov)

c. Ancylostoma duodenale (Cacing Tambang)

Telur cacing ini dapat keluar melalui tinja manusia. Jika telur ini terdapat di tempat yang becek, telur akan menetas menjadi larva. Jika larva ini terinjak oleh orang yang tidak beralas kaki, cacing akan masuk ke dalam tubuh manusia melalui kulit kaki yang kemudian masuk ke dalam jantung, paru-paru, dan tenggorokan. Jika tertelan ke dalam perut, larva akan berkembang menjadi cacing di dalam perut. Cacing ini akan mengisap darah penderita sehingga penderita menjadi pucat karena kekurangan darah.

Gambar daur hidup / siklus hidup Ancylostoma duodenale (sumber : eol.org)

Gambar daur hidup / siklus hidup Ancylostoma duodenale (sumber : eol.org)

Sebagian besar cacing Nemathelminthes adalah endoparasit baik pada hewan dan manusia, misalnya, cacing kremi, cacing tambang, dan cacing filaria. Pencegahan penyakit tersebut dapat dicapai dengan cara mempertinggi sanitasi lingkungan dan higiene tubuh untuk memutus daur hidup cacing. Demikian penjelasan singkat tentang Filum Nemathelminthes (Cacing Gilig) dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Filum Nemathelminthes (Cacing Gilig)"