Jaringan Otot Pada Hewan Vertebrata

No comment 2458 views

Jaringan Otot Pada Hewan - Jaringan otot pada hewan tersusun atas sel-sel otot. Pengertian jaringan otot adalah jaringan yang mampu melakukan kerja mekanik dengan jalan kontraksi dan relaksasi. Jadi dengan demikian fungsi jaringan otot pada hewan adalah melakukan pergerakan pada berbagai bagian tubuh.

Jaringan otot hewan dapat berkontraksi karena di dalamnya terdapat serabut kontraktil yang disebut miofibril. Miofibril tersusun atas miofilamen atau protein aktin dan protein miosin. Kurang lebih 40% berat tubuh mamalia merupakan jaringan otot.

Setiap hewan tingkat tinggi mempunyai macam macam otot. Jaringan otot pada hewan dapat dibagi menjadi tiga macam yaitu jaringan otot polos, otot lurik (seran lintang), dan otot jantung. Berikut penjelasan singkat tentang macam-macam jaringan otot pada hewan beserta gambar jaringan otot pada hewan tersebut.

1. Jaringan Otot Polos

Ciri-ciri jaringan otot polos pada hewan adalah mempunyai serabut kontraktil yang tidak memantulkan cahaya berselang-seling, sehingga sarkoplasmanya tampak polos dan homogen. Otot polos mempunyai bentuk sel seperti gelendong, bagian tengah besar, dan ujungnya meruncing. Dalam setiap sel otot polos terdapat satu inti sel yang terletak di tengah dan bentuknya pipih.

Gambar struktur jaringan otot polos pada hewan

Gambar struktur jaringan otot polos pada hewan

Aktivitas otot polos tidak dipengaruhi oleh kehendak kita (otot tidak sadar) sehingga disebut otot involunter dan selnya dilengkapi dengan serabut saraf dari sistem saraf otonom. Kontraksi otot polos sangat lambat dan lama, tetapi tidak mudah lelah.

Otot polos terdapat pada alat-alat tubuh bagian dalam sehingga disebut juga otot visera. Misalnya pada pembuluh darah, pembuluh limfa, saluran pencernaan, kandung kemih, dan saluran pernapasan. Otot polos berfungsi memberi gerakan di luar kehendak, misalnya gerakan zat sepanjang saluran pencernaan. Selain itu, berguna pula untuk mengontrol diameter pembuluh darah dan gerakan pupil mata.

2. Jaringan Otot Lurik

Gambar struktur jaringan otot lurik pada hewan

Gambar struktur jaringan otot lurik pada hewan

Ciri-ciri jaringan otot lurik pada hewan adalah mempunyai serabut kontraktil yang memantulkan cahaya berselang-seling gelap (anisotrop) dan terang (isotrop). Sel atau serabut otot lurik berbentuk silindris atau serabut panjang. Setiap sel mempunyai banyak inti dan terletak di bagian tepi sarkoplasma.

Otot lurik bekerja di bawah kehendak (otot sadar) sehingga disebut otot volunter dan selnya dilengkapi serabut saraf dari sistem saraf pusat. Kontraksi otot lurik cepat tetapi tidak teratur dan mudah lelah. Otot lurik disebut juga otot rangka karena biasanya melekat pada rangka tubuh, misalnya pada bisep dan trisep.

Selain itu juga terdapat di lidah, bibir, kelopak mata, dan diafragma. Otot lurik berfungsi sebagai alat gerak aktif karena dapat berkontraksi secara cepat dan kuat sehingga dapat menggerakkan tulang dan tubuh.

3. Jaringan Otot Jantung

Gambar struktur jaringan otot jantung pada hewan

Gambar struktur jaringan otot jantung pada hewan

Ciri-ciri jaringan otot jantung pada hewan adalah berbentuk silindris atau serabut pendek. Otot ini tersusun atas serabut lurik yang bercabang-cabang dan saling berhubungan satu dengan lainnya. Setiap sel otot jantung mempunyai satu atau dua inti yang terletak di tengah sarkoplasma. Otot jantung bekerja di luar kehendak (otot tidak sadar) atau disebut juga otot involunter dan selnya dilengkapi serabut saraf dari saraf otonom.

Kontraksi otot jantung berlangsung secara otomatis, teratur, tidak pernah lelah, dan bereaksi lambat. Dinamakan otot jantung karena hanya terdapat di jantung. Kontraksi dan relaksasi otot jantung menyebabkan jantung menguncup dan mengembang untuk mengedarkan darah ke seluruh tubuh. Ciri khas otot jantung adalah mempunyai diskus interkalaris, yaitu pertemuan dua sel yang tampak gelap jika dilihat dengan mikroskop. Demikian penjelasan singkat tentang jaringan otot pada hewan dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Jaringan Otot Pada Hewan Vertebrata"