Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan

No comment 3195 views

Jaringan Parenkim - Pengertian jaringan parenkim adalah suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur morfologi serta fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologis.

Jaringan parenkim disebut juga sebagai jaringan dasar (ground tissue) karena hampir setiap bagian tumbuhan mempunyai jaringan ini. Parenkim terdapat pada akar, batang, daun, dan melingkupi jaringan lainnya, misalnya pada xilem dan floem.

Gambar Struktur Jaringan Parenkim dilihat di bawah mikroskop (Sumber : ucmp.berkeley.edu)

Gambar Struktur Jaringan Parenkim dilihat di bawah mikroskop (Sumber : ucmp.berkeley.edu)

Ciri Ciri Jaringan Parenkim

Ciri-ciri jaringan parenkim pada tumbuhan adalah sebagai berikut :

  • Jaringan parenkim mempunyai dinding sel tipis dan jika mengalami penebalan biasanya terdiri dari selulosa yang masih lentur.
  • Dinding selnya jarang sekali mengandung lignin, kecuali organ yang telah tua.
  • Dinding sel yang telah menebal umumnya mempunyai plasmodesmata yang dapat membantu kelancaran pertukaran zat.
  • Jaringan parenkim mempunyai sel-sel yang masih hidup.
  • Di bagian tengah ruang selnya terdapat sentra vakuola besar berisi zat-zat makanan cadangan.
  • Dalam protoplasma biasanya terdapat plastida baik leukoplas, kloroplas, maupun kromoplas.
  • Di antara sel-sel parenkim, terdapat ruang antarsel (intercellular spaces) yang berperan dalam pertukaran atau peredaran gas-gas.
  • Kebanyakan sel parenkim berbentuk segi banyak (polihedral).
Gambar Jaringan Parenkim

Gambar Jaringan Parenkim (Sumber : Struktur Dan Perkembangan Tumbuhan, 2005 diakses dari finishwellunbiologi.blogspot.com)

Fungsi Jaringan Parenkim

Selain sebagai jaringan dasar, jaringan parenkim juga berfungsi untuk sebagai jaringan penghasil dan penyimpan cadangan makanan. Parenkim penghasil makanan adalah parenkim yang digunakan sebagai tempat fotosintesis, misalnya pada mesofil daun. Hasil-hasil fotosintesis akan disimpan dalam parenkim.

Parenkim batang dan akar pada beberapa tumbuhan berfungsi untuk menyimpan pati sebagai cadangan makanan, misalnya pada ubi jalar (Ipomea batatas). Selain itu, epidermis juga berfungsi sebagai penyokong tubuh apabila vakuolanya berisi air, seperti pada tumbuhan lunak (bayam).

Macam-macam Jaringan Parenkim

Terdapat berbagai macam jaringan parenkim. Berdasarkan fungsinya, jaringan parenkim dibedakan menjadi 5 macam antara lain :

  • Parenkim Asimilasi. Parenkim asimilasi terdiri dari sel-sel yang mengandung banyak plastida kloroplas sehingga disebut juga klorenkim, misalnya pada daun. Parenkim ini bermanfaat bagi berlangsungnya fotosintesis (sintesis karbohidrat).
  • Parenkim Makanan. Parenkim makanan mengandung plastida amiloplas yang berfungsi sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan, misalnya pada akar, umbi, umbi lapis, dan akar rimpang.
  • Parenkim Air. Parenkim air digunakan sebagai jaringan penyimpan air, di mana air ini terikat dalam vakuola dari selselnya secara aktif, misalnya pada batang yang bersifat succulent (mampu menyimpan air dalam jaringan sehingga tampak berdaging) seperti pada tumbuhan kaktus.
  • Parenkim Udara. Parenkim udara mempunyai ruang-ruang antarsel yang cukup besar dan di dalamnya terdapat udara, misalnya pada alat pengapung tumbuhan dan tangkai daun Canna sp.
  • Parenkim Pengangkut. Parenkim pengangkut terdiri atas sel-sel memanjang dengan letak menurut arah pengangkutan, misalnya pada xilem dan floem. Sekian penjelasan singkat tentang jaringan parenkim pada tumbuhan, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Jaringan Parenkim Pada Tumbuhan"