Jaringan Saraf Pada Hewan Vertebrata

No comment 2352 views

Jaringan Saraf Pada Hewan - Pengertian jaringan saraf pada hewan adalah suatu jaringan pada hewan yang terdiri atas sel-sel saraf yang disebut neuron dan berfungsi sebagai penerima dan penghantar rangsang ke seluruh bagian tubuh, serta memberikan tanggapan terhadap rangsang tersebut. Berikut penjelasan singkat tentang struktur dan ciri-ciri jaringan saraf pada hewan.

Jaringan saraf hewan terdiri atas sel-sel saraf yang disebut neuron. Sel saraf ini mempunyai struktur bercabang-cabang ke berbagai bagian tubuh untuk mengatur aktivitasnya. Neuron mendapat suplai makanan melalui sel neuroglia yang menyelubunginya. Neuron terdiri atas bagian-bagian berikut.

  • Badan sel saraf yang mengandung inti sel dan neuroplasma.
  • Neurit atau akson atau cabang panjang, berfungsi membawa impuls meninggalkan badan sel saraf.
  • Dendrit atau cabang pendek, berfungsi membawa impuls ke badan sel saraf.
Gambar sel saraf pada hewan

Gambar jaringan saraf pada hewan (sebuah sel saraf)

Akson dikelilingi oleh sel penyokong yang disebut sel Schwann. Akson diselubungi oleh selaput yang dinamakan neurilema. Sebelah dalam neurilema terdapat selubung mielin yang mengandung fosfolipid. Bagian akson yang tidak tertutup oleh selubung mielin dinamakan nodus Ranvier. Akson bercabang di dekat ujung (terminal akson).

Titik pertemuan antara terminal akson yang satu dengan neuron yang lain disebut sinapsis. Titik pertemuan (sinapsis) ini berfungsi meneruskan rangsang ke sel saraf yang lain dengan cara mengeluarkan bahan kimia yang disebut neurotransmiter.

Badan sel saraf memiliki sebuah inti dan bangun perikarion yang berhubungan dengan akson membentuk huruf V, yang dinamakan aksonhillok. Retikulum endoplasma dan ribosom membentuk granula yang dinamakan badan nissl. Berdasarkan cara memindahkan rangsang dan posisi yang ditempati, neuron dibedakan menjadi tiga macam atau jenis sebagai berikut.

  • Neuron Afferent (Neuron Sensorik). Neuron afferent menyampaikan rangsang dari organ penerima rangsang (reseptor) kepada sistem saraf pusat (otak dan sumsum tulang belakang).
  • Neuron Intermedier (Interneuron). Neuron intermedier menyampaikan impuls dari neuron sensorik atau dari neuron intermedier yang lain ke neuron motorik.
  • Neuron Efferent (Neuron Motorik). Neuron efferent menyampaikan impuls dari sistem saraf pusat ke otot dan kelenjar yang akan melakukan respon.

Badan sel saraf terletak di pusat saraf dan ganglion. Ganglion adalah kumpulan badan sel saraf yang letaknya tertentu, misalnya di kiri-kanan sumsum tulang belakang. Fungsi jaringan saraf pada hewan adalah untuk :

  • Merespon perubahan lingkungan (iritabilitas).
  • Membawa impuls-impuls saraf (pesan) ke pusat saraf maupun sebaliknya (konduktivitas).
  • Bereaksi aktif terhadap rangsang yang datang berupa gerakan pindah atau menghindar.

Untuk penjelasan jaringan saraf lebih rinci yang meliputi saraf tepi dan saraf pusat akan dijelaskan pada postingan artikel biologi selanjutnya. Demikian penjelasan singkat tentang jaringan saraf pada hewan dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Jaringan Saraf Pada Hewan Vertebrata"