Klasifikasi Cyanobacteria (Ganggang Biru)

Biologipedia.com - Klasifikasi Cyanobacteria (Ganggang Biru) didasarkan pada ciri-ciri yang dimiliki oleh setiap anggota Cyanobacteria (Ganggang Biru). Sebelum mempelajari klasifikasi Cyanobacteria lebih jauh, mari kita mengingat terlebih dahulu ciri-ciri umum yang dimiliki oleh kelompok monera Cyanobacteria.

Ciri-ciri Cyanobacteria Secara Umum :

  1. Cyanobacteria atau sering disebut ganggang biru / ganggang hijau biru merupakan makhluk hidup yang bersifat prokariotik (inti selnya tidak diselubungi membran).
  2. Bentuk ganggang ini bisa uniseluler (bersel tunggal), koloni (gabungan beberapa sel) atau filamen (benang), Contoh: Bentuk unisel (satu sel): Chroococcus, Gloeocapsa, Anacystis. Bentuk koloni: Polycystis, Merismopedia, Nostoc, Microcystis. Bentuk filamen: Oscilatoria, Microcoleus, Anabaena, Rivularia.
  3. Memiliki pigmen klorofil (berwarna hijau), karotenoid (berwarna oranye) serta pigmen fikobilin yang terdiri dari fikosianin (berwarna biru) dan fikoeritin (berwarna merah). Gabungan pigmen-pigmen ini membuat warnanya hijau kebiruan sehingga banyak orang sering menyebutnya dengan sebutan ganggang biru atau ganggang hijau biru.
  4. Bersifat autotrof (dapat membuat makanan sendiri dari zat anorganik) karena memiliki klorofil.
  5. Dinding sel mengandung peptida, hemiselulosa dan selulosa,dan mempunyai selaput berlendir.
Gambar contoh Cyanobacteria (sumber gambar : biologigonz.blogspot.com)

Gambar contoh Cyanobacteria (sumber gambar : biologigonz.blogspot.com)

Ganggang ini merupakan makhluk hidup perintis karena dapat hidup di tempat-tempat makhluk hidup lain tidak dapat hidup. Ganggang hijau biru yang berbentuk filamen dapat juga membentuk spora berdinding tebal yang resisten terhadap panas dan pengeringan dan dapak memfiksasi/mengikat N (nitrogen) yaitu heterokist. Selain heterokist ada juga bagian spora yang membesar berisi cadangan makanan yang disebut akinet. Berikut ini klasifikasi Cyanobacteria (Ganggang Biru).

Divisio Cyanophyceae atau Cyanobacteria dibedakan dalam 3 ordo berdasarkan bisa tidaknya membentuk spora yaitu : ordo Chroococcales, Chamaesiphonales, dan Hormogonales.

a. Ordo Chroococcales

Berbentuk tunggal atau kelompok tanpa spora, warna biru kehijau-hijauan. Umumnya alga ini membentuk selaput lendir pada cadas atau tembok yang basah. Setelah pembelahan sel-sel tetap bergandengan dengan perantaraan lendir tadi dan dengan demikian terbentuk kelompok-kelompok atau koloni. Contoh spesies dari ordo chroococcales :

  • Chrococcus
    Organisme uniseluler atau berkelompok dalam bentuk agregat dari 2 atau 4 sel. Hasil pembelahan sel dari Chrococcus berbentuk setangah bola.
  • Gleocapsa
    Berbentuk bulat memanjang dan dikelilingi oleh membran dengan beberapa generasi sel yang terdapat di dalamnya. Membran kadang – kadang ada yang berpigmen. Gleocapsa terdapat pada batuan yang lembab atau pada air.

b. Ordo Chamaesiphonales

Alga bersel tunggal atau merupakan koloni berbentuk benang yang mempunyai spora. Benang-benang itu dapat putus-putus merupakan hormogonium yang dapat merayap dan merupakan koloni baru prosesnya disebut fragmentasi.

c. Ordo Hormogonales

Sel – selnya merupakan koloni berbentuk benang atau diselubungi suatu membran. Benang-benang itu melekat pada substratnya, tidak bercabang, jarang mempunyai percabangan sejati, lebih sering mempunyai percabangan semu. Benang-benang itu selalu dapat membentuk hormogonium. Contohnya : Oscillatoria, Nostoc comune, Anabaena, Spirulina dan Rivularia.

Gambar Ganggang Biru Spirulina Dilihat Dibawah Mikroskop (Sumber Gambar : holistikhealth.com)

Gambar Ganggang Biru Spirulina Dilihat Dibawah Mikroskop (Sumber Gambar : holistikhealth.com)

Anda juga dapat membaca artikel biologi tentang Cyanobacteria (Ganggang Biru) yang lainnya pada blog ini. Terima kasih atas kunjungan dan waktu Anda untuk mampir di blog ini. Demikian penjelasan singkat tentang klasifikasi Cyanobacteria (Ganggang Biru) berdasarkan bisa tidaknya membentuk spora dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Cyanobacteria (Ganggang Biru)"