Klasifikasi Protista Mirip Hewan

No comment 11645 views

2. Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk)

Flagellata adalah Protozoa yang mempunyai alat gerak berupa bulu cambuk (flagela). Flagellata merupakan nenek moyang dari hewan dan tumbuhan. Flagellata dapat hidup bebas di dalam air atau sebagai parasit pada makhluk hidup lain, seperti Trypanosoma dan Trichomonas. Trypanosoma gambiense dan Trypanosoma rhodiense menyebabkan penyakit tidur yang disebarkan oleh gigitan lalat Tse-tse.

Gambar struktur sel Trypanosoma gambiense, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam anggota  Filum Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk) (sumber : intranet.tdmu.edu.ua)

Gambar struktur sel Trypanosoma gambiense, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam anggota Filum Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk) (sumber : intranet.tdmu.edu.ua)

Ketika lalat menggigit, lalat juga mengeluarkan air liur yang mengandung Trypanosoma untuk mencegah pembekuan darah. T. evansi merupakan penyebab penyakit sura pada hewan. T. cruzi merupakan penyebab penyakit nagana pada sapi dan kerbau. Pada Trichomonas terdapat tiga flagel atau lebih. Trichomonas vaginalis yang menyerang vagina dapat menyebabkan keputihan.

3. Ciliata (Berambut Getar)

Ciliata adalah protista mirip hewan (protozoa) yang mempunyai alat gerak berupa rambut getar (cilia). Rambut getar ini adalah bulu-bulu halus yang melekat pada membran sel. Dengan menggunakan rambut getar, makhluk hidup dapat bergerak bebas ke segala arah di dalam air.

Bentuk tubuh Ciliata adalah oval, tidak berubah-ubah. Mereka biasa hidup di rawa, sawah, dan tempat-tempat berair yang banyak mengandung bahan organik. Contoh Ciliata yang hidup bebas adalah Paramaecium sp, sedangkan yang hidup berparasit adalah Nyctoterus ovalis, hidupnya menumpang di usus kecoa.

Gambar Paramaecium, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam Filum Ciliata (Berambut Getar) dilihat di bawah mikroskop (sumber : www.savalli.us)

Gambar Paramaecium, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam Filum Ciliata (Berambut Getar) dilihat di bawah mikroskop (sumber : www.savalli.us)

Ada juga Ciliata yang hidup di air tawar, yaitu Stylonichia (hidup di perairan yang banyak mengandung sampah organik), Didinium (hidup di perairan yang mengandung Protozoa), Stentor (hidup di perairan sawah yang mengandung bahan organik), dan Vorticella.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Protista Mirip Hewan"