Klasifikasi Protista Mirip Tumbuhan

No comment 10621 views

Biologipedia.com - Klasifikasi protista mirip tumbuhan berdasarkan ciri khusus setiap anggotanya dapat dikelompokkan menjadi 6 Filum. Dasar klasifikasi protista mirip tumbuhan ini adalah pigmen atau zat warna yang dimiliki oleh setiap protista mirip tumbuhan. Keenam Filum tersebut antara lain Filum Euglenophyta, Filum Ganggang Hijau (Chlorophyta), Filum Ganggang Cokelat (Phaeophyta), Filum Ganggang Pirang atau Keemasan (Chrysophyta), Filum Ganggang Merah (Rhodophyta), dan Filum Ganggang Api (Pyrrhophyta). Berikut ini penjelasan tentang ciri-ciri dan contoh masing-masing Filum protista mirip tumbuhan.

1. Filum Euglenophyta

Euglenophyta merupakan protista mirip tumbuhan yang bersel satu. Euglena biasa hidup di air tawar, misalnya, air kolam, sawah, sungai, atau parit. Protista ini berwarna hijau, berklorofil, dan berfotosintesis sehingga dimasukkan ke dalam dalam kelompok makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan.

Gambar Euglena polymorpha, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : protist.i.hosei.ac.jp)

Gambar Euglena polymorpha, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : protist.i.hosei.ac.jp)

Protista mirip tumbuhan ini juga mempunyai ciri-ciri yang menyerupai hewan karena dapat bergerak aktif, cara memasukkan makanan melalui mulut sel, tidak berdinding sel, dan mempunyai bintik mata sehingga Euglena ini merupakan makhluk hidup yang menyerupai hewan dan sekaligus juga merupakan makhluk hidup yang menyerupai tumbuhan, contohnya adalah Euglena viridis.

a . Ciri-Ciri Euglena

Euglena mempunyai ciri-ciri sebagai berikut:

  1. berwarna hijau karena mengandung klorofil
  2. sel berbentuk oval memanjang
  3. di salah satu ujungnya terdapat mulut sel
  4. dari mulutnya muncul satu flagela (cambuk) yang berfungsi sebagai alat gerak
  5. mempunyai bintik mata yang terletak di dekat mulut sel yang berfungsi untuk membedakan antara gelap dan terang.
Gambar struktur sel euglena (sumber gambar : en.wikipedia.org)

Gambar struktur sel euglena (sumber gambar : en.wikipedia.org)

b . Cara Euglena Memperoleh Makanan

Sebagai organisme yang menyerupai tumbuhan, Euglena dapat membuat makanan sendiri dengan melakukan fotosintesis. Dengan bantuan cahaya matahari, makhluk hidup ini dapat mengubah klorofil menjadi energi. Selain berfotosintesis, makhluk hidup ini dapat pula memasukkan bahan makanan melalui mulut sel yang dimilikinya sehingga Euglena dapat disebut sebagai organisme fotoautotrof dan organisme heterotrof.

c . Cara Euglena Bereproduksi

Reproduksi Euglena dilakukan dengan membelah diri. Dari pembelahan ini akan dihasilkan dua sel anak. Setiap sel anak mempunyai inti sel, membran sel, dan sitoplasma.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Protista Mirip Tumbuhan"