Klasifikasi Protista

No comment 2176 views

Biologipedia.com - Klasifikasi protista dilakukan berdasarkan kedekatan ciri ciri yang dimiliki oleh setiap anggota protista. Protista diperkirakan sudah ada di bumi kita sejak 1-2 miliar tahun yang lalu, sebelum ada organisme tingkat tinggi. Organisme yang tergabung dalam protista pernah membuat bingung para ahli taksonomi karena ada yang mirip tumbuhan, ada yang mirip dengan hewan, dan ada pula yang mirip dengan jamur. Untuk menjebatani perbedaan itu maka lahirlah kingdom baru, yaitu Protista.

Secara taksonomis, klasifikasi protista dapat dikelompokkan menjadi tiga kelompok, yaitu protista mirip tumbuhan, protista mirip hewan, dan protista mirip jamur. Klasifikasi protista tersebut berdasarkan ciri khusus yang dimilikinya dan mempunyai kemiripan dengan kingdom tumbuhan, hewan, dan jamur. Berikut ini sekilas penjelasan tentang ketiga kelompok protista tersebut.

1. Protista Mirip Tumbuhan

Protista dikatakan menyerupai tumbuhan karena ia bersifat autotrof, memiliki klorofil, dan dengan bantuan cahaya matahari mampu melakukan fotosintesis. Contoh Protista yang menyerupai tumbuhan adalah ganggang yang terdiri atas filum Euglenophyta, ganggang hijau (Chlorophyta), ganggang cokelat (Phaeophyta), ganggang pirang (Chrysophhyta), ganggang merah (Rhodophyta), dan ganggang api (Pyrhophyta).

Gambar Euglena polymorpha, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : protist.i.hosei.ac.jp)

Gambar Euglena polymorpha, salah satu contoh protista mirip tumbuhan dilihat di bawah mikroskop (sumber gambar : protist.i.hosei.ac.jp)

Euglena dimasukkan ke dalam klasifikasi protista mirip tumbuhan karena mempunyai klorofil sehingga bisa melakukan proses fotosintesis (membuat makanan sendiri dengan bantuan cahaya). Namun, euglena juga bisa dimasukkan ke dalam klasifikasi protista mirip hewan karena mempunyai alat gerak berupa bulu cambuk (flagel) sehingga bisa bergerak seperti hewan.

2. Protista Mirip Hewan

Dikatakan menyerupai hewan karena Protista ini bersifat heterotrof. Protista ini dapat memasukkan makanan dengan cara menelan melalui mulut pada membran selnya. Protista ini tidak dapat membuat makanan sendiri karena tidak mengandung klorofil. Contoh Protista yang menyerupai hewan adalah Protozoa, terdiri atas filum Rhizopoda (berkaki semu), Flagellata (berbulu cambuk), Ciliata (berambut getar), dan Sporozoa (penghasil spora).

Gambar Amoeba proteus, salah satu protista mirip hewan dilihat dibawah mikroskop (sumber gambar : www.microscopy-uk.org.uk)

Gambar Amoeba proteus, salah satu protista mirip hewan dilihat dibawah mikroskop (sumber gambar : www.microscopy-uk.org.uk)

3. Protista Mirip Jamur

Ciri ciri protista ini mirip dengan kingdom jamur (fungi) dalam hal proses mencerna makanan. Protista ini melakukan pencernaan makanan di luar sel, kemudian terjadi penyerapan sari-sari makanan hasil pencernaan makanan oleh tubuh. Contoh Protista yang menyerupai jamur ini adalah jamur air dan jamur lendir.

Gambar Physarium sp, salah satu contoh protista mirip jamur (sumber gambar : www.flickr.com)

Gambar Physarium sp, salah satu contoh protista mirip jamur (sumber gambar : www.flickr.com)

Penjelasan lebih detail dan rinci tentang ciri ciri dan klasifikasi setiap kelompok protista beserta contohnya akan dijelaskan pada artikel biologi tersendiri di blog ini. Terima kasih atas kunjungan Anda di biologipedia.com. Demikian penjelasan singkat tentang klasifikasi protista dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Protista"