Klasifikasi Protozoa (Protista Mirip Hewan)

Biologipedia.com - Pada tulisan ini akan dijelaskan tentang klasifikasi protozoa yang terdiri dar 4 Filum protozoa. Klasifikasi protozoa ini dilakukan berdasarkan alat geraknya. Sebenarnya dari beberapa sumber ada yang menyebutkan bahwa klasifikasi protozoa dapat di kelompokkan menjadi 6 Filum protozoa, namun pada kesempatan kali ini saya hanya akan membahas 4 Filum protozoa yang terdiri dari Filum Mastigophora atau Flagellata, Sarcodina atau Rhizopoda, Ciliata atau Ciliophora, dan Sporozoa. Berikut ini penjelasan singkat tentang ciri-ciri dan contoh masing- masing Filum protozoa tersebut.

1. Filum Mastigophora atau Flagellata

Flagellata berasal dari kata flagel artinya cambuk atau Mastigophora dari mastig artinya cambuk, phora artinya gerakan. Semua anggota filum flagellata bergerak menggunakan flagel. Bentuk tubuh flagellata tetap karena dilindungi oleh pelikel. Di antara Flagellata ada yang hidup bebas, ada pula yang hidup bersimbiosis dalam tubuh hewan, tetapi kebanyakan bersifat parasit.

Gambar struktur sel Trypanosoma gambiense, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam anggota  Filum Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk) (sumber : intranet.tdmu.edu.ua)

Gambar struktur sel Trypanosoma gambiense, salah satu contoh protista mirip hewan yang termasuk dalam anggota Filum Flagellata atau Mastigophora (Bercambuk) (sumber : intranet.tdmu.edu.ua)

Flagellata berkembang biak secara aseksual dengan pembelahan biner secara longitudinal, sedangkan reproduksi seksual belum banyak diketahui. Berikut ini daftar contoh macam macam protozoa / jenis jenis protozoa yang termasuk dalam Filum Mastigophora atau Flagellata.

  1. Leishmania donovani, hospes dalam tubuh manusia, dan menyebabkan penyakit kalaazar.
  2. L. tropica, L. braciliensis, hospes dalam tubuh manusia, dan menyebabkan penyakit kulit.
  3. Trypanosoma evansi, hospes dalam tubuh hewan ternak dan menyebabkan penyakit sura.
  4. Trypanosoma brucei, hospes pada antelope, dan menyebabkan penyakit nagana.
  5. Trypanosoma gambiense, hospes dalam tubuh manusia, dan menyebabkan penyakit tidur.
  6. Trypanosoma rhodosiensis, hospes dalam tubuh manusia, dan menyebabkan penyakit tidur.
  7. Trypanosoma cruzi, hospes pada tikus dan insekta, serta menyebabkan penyakit chagas.
  8. Trichomonas vaginalis, hospes pada manusia, dan menyebabkan penyakit pada alat kelamin wanita

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Protozoa (Protista Mirip Hewan)"