Klasifikasi Tumbuhan Lumut

No comment 8888 views

Biologipedia.com - Berdasarkan bentuk tubuhnya, klasifikasi tumbuhan lumut dapat dibedakan menjadi 3 (tiga) kelas, yaitu Kelas Hepaticopsida (lumut hati), Anthoceropsida (lumut tanduk), dan lumut sejati (Bryopsida). Berikut penjelasan singkat tentang ciri-ciri tumbuhan lumut pada masing-masing kelas.

a. Kelas Hepaticopsida (Lumut Hati)

Ciri-ciri tumbuhan lumut hati antara lain biasa hidup di tempat yang basah sehingga tubuhnya berstruktur higromorf. Ada juga yang hidup di tempat-tempat yang sangat kering, seperti di kulit pohon, di atas tanah, atau batu cadas sehingga tubuhnya berstruktur xeromorf. Di dalam tubuh lumut terdapat alat penyimpan air sehingga dalam keadaan kekeringan tidak mengakibatkan lumut mati.

Contoh tumbuhan lumut hati suku (family) Riciaceae dengan nama Riccia glauca L. (sumber : bryo.cz)

Contoh tumbuhan lumut hati suku (family) Riciaceae dengan nama Riccia glauca L. (sumber : bryo.cz)

Lumut hati merupakan tumbuhan penutup tanah yang daunnya berbentuk lembaran-lembaran yang berkelok di bagian pinggirnya, memiliki semacam akar yang tumbuh dari permukaan bawah tumbuhan hidup di tempat yang lembap, dan tidak terkena cahaya matahari. Protonema lumut hati kebanyakan hanya berkembang menjadi suatu buluh pendek dan sebagian besar lumut hati memiliki sel yang mengandung minyak astri.

Lumut hati dapat berkembang biak secara aseksual dengan pembentukan kuncup atau gemma dan secara seksual dengan pembentukan anteridium penghasil sperma dan pembentukan arkegonium penghasil ovum. Lumut hati juga mengalami pergiliran keturunan (metagenesis).

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Klasifikasi Tumbuhan Lumut"