Laveran Tokoh Biologi Penemu Parasit Malaria

Tahukah anda tokoh biologi penemu parasit malaria? Parasit penyebab penyakit malaria ditemukan oleh Charles Louis Alponse Laveran, seorang dokter berkebangsaan Perancis. Laveran dilahirkan di Paris pada tanggal 18 Juni 1845. Ia adalah anak seorang dokter militer di Ecole de Val-de-Grace yang bernama Dr. Louis Theodore Laveran.

Tahun 1867, Laveran menyelesaikan sekolah Kedokteran di Stasbourg, Perancis. Pada tahun 1874, setelah melalui proses ujian, dia diangkat sebagai Chair of Military Diseases and Epidemics di Ecole de Val-de-Grace, yang sebelumnya sempat dijabat ayahnya. Tahun 1878, setelah jabatannya berakhir, ia dikirim ke Bone di Algeria dan tinggal di sana sampai tahun 1883. Disanalah ia memulai penelitian tentang parasit malaria pada tubuh manusia.

Laveran-tokoh-biologi-penemu-parasit-malaria

Tahun 1882, Laveran melakukan penelitian di Rumah Sakit San Spirito. Ia membandingkan darah pasien penderita malaria di Roman Campagma dengan parasit yang ia temukan dalam darah pasien malaria di algeria. Dari hasil penelitian tersebut, ia mengumumkan pendapatnya bahwa parasit dalam darah merupakan penyebab malaria. Tahun 1889, Academy of Sciences memberinya penghargaan Breant Prize untuk penemuannya tentang parasit penyebab malaria.

Tahun 1896, Laveran bergabung dengan Institut Pasteur di Paris sebagai Chief of the Honorary Service. Dari tahun 1897 sampai 1907, ia banyak melakukan penelitian mengenai endoglobular haematozoa, sporozoa, dan trypanosome. Tahun 1907, Laveran menerima Nobel Kedokteran atas penelitiannya tentang protozoa penyebab penyakit. Ia menggunakan separuh dari hadiah tersebut untuk mendirikan Laboratory of Tropical Medicine di Institut Pasteur.

Tahun 1885 Laveran menikah dengan Mille Pidancet. Pada tanggal 18 Mei 1992, Laveran pun meninggal dunia setelah menderita sakit beberapa bulan. Sampai sekarang Laveran dikenal sebagai tokoh biologi penemu parasit malaria.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Laveran Tokoh Biologi Penemu Parasit Malaria"