Macam-macam Bakteri Berdasar Cara Memperoleh Makanan

Berikut ini penjelasan singkat tentang macam-macam bakteri berdasarkan cara memperoleh makanannya. Ada dua macam bakteri yaitu bakteri heterotrof dan bakteri autotrof.

Bakteri Heterotrof

Bakteri heterotrof adalah bakteri yang hidup dan memperoleh makanan dari lingkungannya karena tidak dapat membuat makanan sendiri. Bakteri ini dapat hidup secara saprofit dan parasit. Bakteri saprofit adalah bakteri yang hidup pada jasad yang sudah mati, misalnya, sampah, bangkai, atau kotoran. Bakteri ini sering disebut sebagai bakteri pembersih karena dapat menguraikan sampah-sampah organik sehingga menguntungkan bagi manusia. Contoh macam-macam bakteri heterotrof antara lain bakteri Eschericia coli yang berperan sebagai pembusuk sisa makanan dalam usus besar dan bakteri Lactobacillus garicus yang berperan dalam pembuatan yogurt.

Bakteri-eschericia-e-coli

Bakteri parasit adalah bakteri yang hidup menumpang pada makhluk hidup lain. Bakteri ini biasanya bersifat merugikan makhluk hidup yang ditumpanginya karena dapat menimbulkan penyakit. Contoh penyakit yang disebabkan oleh bakteri ini antara lain kolera disebabkan oleh bakteri Vibrio cholerae, TBC disebabkan oleh bakteri Mycobacterium tuberculosis, disentri disebabkan oleh bakteri Shigella dysenterriae, sifilis disebabkan oleh bakteri Treponema pallidum, dan radang paru-paru (pneumoniae) disebabkan oleh bakteri Diplococcus pneumoniae.

Penularan penyakit yang disebabkan oleh bakteri dapat melalui makanan, minuman, pernapasan ataupun kontak langsung dengan penderita, baik secara langsung maupun tidak langsung.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Macam-macam Bakteri Berdasar Cara Memperoleh Makanan"