Macam-Macam Jaringan Dewasa Tumbuhan

No comment 1905 views

Macam-Macam Jaringan Dewasa Tumbuhan - Jaringan dewasa tumbuhan adalah jaringan yang sel-selnya sudah tidak membelah,tetapi telah mengalami diferensiasi dan spesialisasi fungsi dari sel-sel hasil pembelahan meristem. Diferensiasi ini merupakan proses perubahan jaringan meristem menjadi jaringan-jaringan lain yang lebih kompleks.

Jaringan dewasa meliputi jaringan pelindung (epidermis dan jaringan gabus), jaringan dasar (parenkim), jaringan penguat (kolenkim dan sklerenkim), dan jaringan pengangkut (xilem dan floem). Berikut ini penjelasan singkat tentang macam-macam jaringan dewasa tumbuhan.

a. Jaringan Pelindung

Tumbuh-tumbuhan memerlukan perlindungan dari semua pengaruh luar yang merugikan pertumbuhannya, misalnya kekurangan air, kerusakan mekanis, suhu udara yang terlalu tinggi atau rendah, kehilangan zat-zat makanan, serta perlindungan terhadap serangan penyakit dan hama. Jaringan pelindung pada tumbuhan berupa jaringan epidermis dan jaringan gabus.

Jaringan Epidermis Daun (Gambar : taufanaffandy.wordpress.com)

Jaringan Epidermis Daun (Gambar : taufanaffandy.wordpress.com)

b. Jaringan Dasar (Parenkim)

Jaringan parenkim atau jaringan dasar (ground tissue) merupakan suatu jaringan yang terbentuk dari sel-sel hidup dengan struktur morfologi serta fisiologi yang bervariasi dan masih melakukan segala kegiatan proses fisiologis.

Disebut sebagai jaringan dasar karena hampir setiap bagian tumbuhan mempunyai jaringan ini. Parenkim terdapat pada akar, batang, daun, dan melingkupi jaringan lainnya, misalnya pada xilem dan floem.

Jaringan-Parenkim-Tumbuhan

Jaringan Parenkim Tumbuhan (Gambar : finishwellunbiologi.blogspot.com)

c. Jaringan Penguat

Di dalam tubuh tumbuhan diperlukan adanya jaringan penguat untuk memperkokoh tubuh. Oleh karena itu, tumbuhan memerlukan jaringan penguat atau penunjang yang disebut juga jaringan mekanik. Jaringan mekanik ini umumnya terdiri dari sel-sel berdinding tebal serta mengandung lignin dan zat-zat lainnya.

Zat-zat tersebut memberi sifat keras pada dinding selnya. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan mekanik dibagi atas kolenkim dan sklerenkim.

Jaringan Sklerenkim dan Kolenkim

Jaringan Sklerenkim dan Kolenkim (Gambar : dunianyasari.blogspot.com)

d. Jaringan Pengangkut

Jaringan pengangkut berfungsi untuk mengangkut zat-zat mineral (unsur hara dan air) yang diserap oleh akar dari tanah. Selain itu, jaringan pengangkut juga sebagai pengangkut zat-zat makanan hasil fotosintesis untuk disalurkan ke bagian-bagian lain. Berdasarkan bentuk dan sifatnya, jaringan ini dibedakan menjadi jaringan floem dan jaringan xilem.

Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem

Jaringan Pengangkut Xilem dan Floem (Gambar : cpengertian.blogspot.com)

Penjelasan lebih rinci tentang macam-macam jaringan dewasa tumbuhan akan diuraikan pada artikel biologi yang lain, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Macam-Macam Jaringan Dewasa Tumbuhan"