Macam-Macam Jaringan Pada Hewan Vertebrata

Jaringan Pada Hewan - Macam-macam jaringan pada hewan tingkat tinggi (vertebrata) ada 4 macam, yaitu jaringan epitelium, jaringan pengikat dan penumpu (tulang), jaringan otot, serta jaringan saraf. Macam atau jenis jaringan pada hewan ini mempunyai fungsi yang spesifik sesuai dengan namanya. Nah, sebelum membahas lebih jauh tentang macam-macam jaringan pada hewan, mari kita mengingat kembali tentang pengertian jaringan pada hewan.

Seperti halnya tumbuhan tingkat tinggi, tubuh hewan multiselular (hewan tingkat tinggi) juga tersusun atas banyak sel. Sel-sel tersebut pada tempat tertentu akan bersatu membentuk jaringan untuk melakukan suatu fungsi. Jaringan yang berkelompok bekerja sama melaksanakan fungsi tertentu membentuk suatu organ. Beberapa organ bekerja sama membentuk sistem organ dan melaksanakan fungsi tertentu.

Jadi, jelaslah bahwa pengertian jaringan pada hewan adalah sekumpulan sel pada tubuh hewan yang mempunyai bentuk dan fungsi yang sama. Untuk lebih jelasnya, mari perhatikan uraian berikut tentang macam-macam jaringan pada hewan dan fungsi jaringan pada hewan.

Macam-Macam Jaringan Pada Hewan

1. Jaringan Epitelium Atau Jaringan Epitel

Jaringan epitelium atau Jaringan Epitel terdiri atas sel-sel yang tersusun dalam lembaran-lembaran. Beberapa jaringan epitel melapisi permukaan organ tubuh bagian dalam dan dibentuk untuk melaksanakan fungsi absorbsi dan proteksi. Beberapa jaringan epitelium berfungsi sebagai kelenjar. Organ yang berperan dalam pengambilan dan penyerapan zat kimia akan mempunyai permukaan epitel yang luas, misalnya paru-paru, usus halus, dan ginjal.

Gambar macam-macam jaringan epitel pada hewan

Gambar macam-macam jaringan epitel pada hewan (Sumber : Biology, Campbell)

Sel-sel epitelium terikat satu sama lainnya oleh zat pengikat (semen) antarsel sehingga hampir tidak ada ruangan antarsel. Sel-sel jaringan epitelium melekat pada lamina basalis yang berfungsi mengikat jaringan dengan bagian yang ada di bawahnya. Secara umum, fungsi jaringan epitel pada hewan adalah :

  • Proteksi atau melindungi jaringan-jaringan yang ada di dalam, contohnya kulit yang melindungi jaringan di bawahnya dan melindungi dari kerusakan mekanis maupun masuknya benda-benda asing.
  • Menghasilkan enzim pencernaan dan mengabsorpsi atau penyerapan sari-sari makanan.
  • Sebagai penerima rangsangan yang terdapat pada alat indera

Baca Juga : Macam-macam Jaringan Epitel Pada Hewan

2. Jaringan Pengikat Atau Jaringan Ikat

Jaringan pengikat berkembang dari mesenkim, yang berasal dari mesoderm (lapisan tengah embrio). Selain menjadi jaringan pengikat (darah, tulang rawan, tulang, dan lemak), mesenkim juga menjadi jaringan lain berupa otot, pembuluh darah, beberapa kelenjar, dan epitelium. Letak sel-sel jaringan pengikat tidak berhimpitan rapat (berpencar-pencar), jika berhubungan hanya pada ujung-ujung protoplasmanya.

Gambar jaringan ikat longgar pada hewan

Gambar jaringan ikat longgar pada hewan (Sumber : andienchandra.wordpress.com)

Fungsi jaringan ikat pada hewan adalah :

  • Untuk melekatkan suatu jaringan dengan jaringan lain
  • Membungkus organ-organ
  • Mengisi rongga di antara organ-organ
  • Menghasilkan imunitas

Baca Juga : Macam-macam Jaringan Ikat Pada Hewan

3. Jaringan Otot

Jaringan otot tersusun atas sel-sel otot. Fungsi jaringan otot adalah melakukan pergerakan pada berbagai bagian tubuh. Jaringan otot dapat berkontraksi karena di dalamnya terdapat serabut kontraktil yang disebut miofibril. Miofibril tersusun atas miofilamen atau protein aktin dan protein miosin.

Gambar jaringan otot polos pada hewan

Gambar jaringan otot polos pada hewan (Sumber : perpustakaancyber.blogspot.com)

Kurang lebih 40% berat tubuh mamalia merupakan jaringan otot. Jaringan otot dapat dibagi menjadi jaringan otot polos, otot lurik (seran lintang), dan otot jantung. Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel biologi tentang macam-macam jaringan otot pada hewan.

4. Jaringan Saraf

Jaringan saraf terdiri dari sistem saraf pusat dan sistem saraf tepi. Jaringan saraf terdiri atas sel-sel saraf yang disebut neuron. Sel saraf ini mempunyai struktur bercabang-cabang ke berbagai bagian tubuh untuk mengatur aktivitasnya. Neuron mendapat suplai makanan melalui sel neuroglia yang menyelubunginya.

Gambar sel saraf pada hewan

Gambar sel saraf pada hewan

Fungsi Jaringan Saraf atau Sel Saraf adalah :

  • Merespon perubahan lingkungan (iritabilitas).
  • Membawa impuls-impuls saraf (pesan) ke pusat saraf maupun sebaliknya (konduktivitas).
  • Bereaksi aktif terhadap rangsang yang datang berupa gerakan pindah atau menghindar.

Untuk lebih jelasnya, silahkan baca artikel biologi tentang jaringan saraf pada hewan vertebrata. Apabila ada hal yang belum jelas bisa menuliskannya melalui kolom komentar. Sekian dulu materi biologi tentang macam-macam jaringan pada hewan dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Macam-Macam Jaringan Pada Hewan Vertebrata"