Manfaat Dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria)

Biologipedia.com - Ganggang Biru (Cyanobacteria) mempunyai manfaat dan peranan yang penting dalam kehidupan manusia. Banyak sekali manfaat dan peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) yang dapat kita peroleh baik secara langsung maupun tidak langsung. Berikut ini saya sajikan beberapa manfaat dan peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) dalam kehidupan manusia.

Manfaat Dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria) Yang Menguntungkan

Sebagian besar anggota gangang biru atau ganggang hijau biru bersifat menguntungkan dan banyak memberi manfaat bagi kehidupan manusia. Sampai sekarang, jarang ditemukan ganggang biru yang merugikan manusia, bahkan dapat dikatakan hampir semua ganggang biru menguntungkan. Beberapa manfaat dan peranan ganggang biru antara lain :

1. Sebagai Vegetasi Perintis

Jenis ganggang biru (Cyanobacteria) bersel satu merupakan vegetasi perintis, hal ini karena ganggang tersebut mampu dan dapat mengawali kehidupan sebelum organisme lainnya dapat hidup di suatu tempat.

Gambar Lichenes / Lumut Kerak (Sumber gambar : commons.wikimedia.org)

Gambar Lichenes / Lumut Kerak (Sumber gambar : commons.wikimedia.org)

Ganggang biru juga dapat bersimbiosis dengan fungi (kapang) membentuk lumut kerak (lichenes / liken). Lumut kerak disebut juga tumbuhan perintis karena dapat tumbuh pada tempat-tempat organisme lain tidak dapat tumbuh, misalnya di atas batu-batuan. Setelah batu-batuan tersebut lapuk, akan terbentuk lapisan tanah sehingga organisme lain dapat hidup di tempat itu.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Dan Peranan Ganggang Biru (Cyanobacteria)"