Manfaat Tumbuhan Teratai Sebagai Makanan Dan Obat

Manfaat tumbuhan teratai adalah sebagai makanan dan obat. Akar dan biji tumbuhan teratai dapat dimakan dengan cara digoreng atau dibuat sayur. Sejak lama orang India telah memanfaatkan teratai sebagai bumbu masak dan jamu-jamuan. Teratai tumbuh di perairan. Bunganya besar dan berwarna indah. Teratai ada yang berbunga merah dan ada yang berbunga putih. Daun dan bunganya teratai tampak di permukaan air. Akan tetapi, akarnya berada di dasar perairan. Hal ini karena teratai memiliki tangkai yang panjang. Pada tangkai dan akar teratai terdapat rongga-rongga udara. Manfaat rongga udara ini untuk membantu pernafasan teratai.

Manfaat-tumbuhan-teratai-sebagai-makanan-dan-obat

Bunga teratai nampak indah mengapung di atas permukaan air. Meskipun bunganya mengapung, sebenarnya akar bunga teratai berada di dasar air. Jadi, jelaslah bahwa bunga teratai tidak semata mengambang di atas air, melainkan tumbuh dari dasar air. Tangkai daun cenderung tumbuh menjalar, sehingga helai daun selalu terlihat mengapung.

Manfaat tumbuhan teratai selanjutnya adalah sebagai obat. Di Cina dan India, daun teratai digunakan sebagai obat penurun panas. Daun teratai yang berasa pahit dapat merangsang pembukaan pori-pori kulit sehingga mampu memperlancar pengeluaran keringat. Akibatnya panas badan akan menjadi turun. Batang teratai juga dapat digunakan sebagai obat.

Batang teratai terlebih dahulu direbus dan air hasil rebusan tersebut kemudian diminum. Air rebusan batang teratai dapat menghilangkan gangguan lambung, melancarkan buang air kecil, dan mengatasi disentri. Akar teratai putih yang dibuat tepung mempunyai rasa yang manis. Selain dapat menyembuhkan sariawan, tepung akar teratai putih yang sudah dimasak bermanfaat untuk menguatkan jantung dan lambung. Demikian penjelasan singkat tentang manfaat tumbuhan teratai sebagai makanan dan obat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Manfaat Tumbuhan Teratai Sebagai Makanan Dan Obat"