Pengertian Dan Klasifikasi Hewan Vertebrata

Biologipedia.com - Pada tulisan kali ini akan dibahas tentang pengertian hewan vertebrata, ciri ciri hewan vertebrata, klasifikasi hewan vertebrata, dan contoh hewan vertebrata. Pengertian Hewan vertebrata adalah hewan yang mempunyai tulang belakang. Tulang belakang adalah tulang yang beruas-ruas dan berderet dari leher sepanjang punggung sampai ekor. Sumsum tulang belakang yang terdapat dalam ruas-ruas tulang belakang dan otak merupakan susunan saraf pusat.

Ciri ciri hewan vertebrata yang khas dilihat dari anatomi tubuhnya adalah hewan ini memiliki notokord, tali saraf dorsal berlubang, celah faring, dan ekor pascaanus berotot. Berikut penjelasan singkat tentang ciri ciri hewan vertebrata tersebut.

  1. Notokord, merupakan batang fleksibel dan longitudinal, terdapat di antara saluran pencernaan dan tali saraf. Notokord menyokong kerangka di sepanjang tubuh hewan vertebrata atau chordata.
  2. Tali saraf dorsal berlubang, berkembang dari jaringan ektoderm yang menggulung membentuk tabung yang terletak di bagian dorsal notokord. Tali saraf ini berkembang menjadi sistem saraf pusat, yaitu otak dan sumsum tulang belakang. Anggota filum lain memiliki tali saraf tidak berlubang dan terletak di bagian ventral tubuh.
  3. Celah faring, merupakan suatu struktur yang memungkinkan air yang masuk melalui mulut dapat keluar tanpa harus terus mengalir melalui seluruh saluran pencernaan.
  4. Ekor pascaanus berotot. Sebagian besar vertebrata memiliki ekor memanjang kearah posterior tubuh. Ekor vertebrata memiliki otot kerangka. Pada Chordata akuatik, struktur ini digunakan sebagai pendorong ketika bergerak.

Berdasarkan penutup tubuh, alat gerak dan cara berkembang biak, klasifikasi hewan vertebrata dapat dikelompokkan atau digolongkan menjadi lima kelas, yaitu Pisces (Ikan), Amphibia (Katak), Reptilia (Hewan Melata), Aves (Burung), dan Mamalia (Hewan Menyusu).

1. Pisces (Ikan)

Pisces (Ikan) merupakan hewan yang hidup di dalam air. Ada yang hidup di air tawar, air payau, dan ada juga yang hidup di air laut. Untuk memudahkan geraknya, tubuh ikan diselimuti oleh sisik yang berlendir. Ikan bergerak dengan menggunakan sirip. Sirip terdiri atas sirip punggung, sirip dada, sirip perut, sirip belakang, dan sirip ekor.

Selain itu, ikan juga mempunyai gurat sisi yang berfungsi untuk mengetahui tekanan air. Ikan bernapas dengan insang yang dilindungi oleh tutup insang yang disebut operkulum. Ikan bersifat poikiloterm atau berdarah dingin. Suhu tubuhnya dapat berubah sesuai dengan suhu lingkungannya.

Gambar struktur anatomi tubuh ikan (sumber : neuroblog.stanford.edu)

Gambar struktur anatomi tubuh ikan (sumber : neuroblog.stanford.edu)

Ikan berkembang biak dengan bertelur dan pembuahannya terjadi di dalam air, di luar tubuh induknya. Pembuahan di luar tubuh induk disebut dengan pembuahan eksternal.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Pengertian Dan Klasifikasi Hewan Vertebrata"