Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan

Biologipedia.com - Banyak sekali penyakit yang disebabkan oleh virus dalam kehidupan ini, termasuk penyakit pada tumbuhan. Virus dalam hidupnya sangat bergantung kepada sel inangnya, sel inang yang terinfeksi dalam hidupnya akan terganggu metabolisme kehidupannya atau dapat dikatakan terkena penyakit. Penyakit-penyakit apakah yang dapat disebabkan oleh infeksi virus? Berikut ini saya sajikan contoh 3 penyakit yang disebabkan oleh virus pada tumbuhan.

a. Mosaik

Penyakit yang disebabkan oleh virus yang akan dibahas pertama adalah penyakit mozaik. Disebut mozaik karena pada tanaman yang terinfeksi (tomat, labu dan tembakau) menunjukkan bercak-bercak pada daunnya atau buahnya. Misalnya, penyakit mozaik pada tanaman tembakau yang disebabkan tanaman diserang virus Tobacco Mosaik Virus (TMV).

Dari penyakit bercak daun pada tembakau inilah dunia virus mulai terdeteksi. Pada tahun 1883, Adolf Majjer seorang saintis asal Jerman melakukan pengujian dengan jalan menyemprotkan getah yang diekstraksi dari daun tanaman yang sakit ke tanaman yang sehat. Dia mengambil kesimpulan bahwa penyebab penyakit ini adalah bakteri yang lebih kecil dari biasanya, yang tidak dapat dilihat dengan mikroskop.

Gambar daun tembakau yang terserang mosaik, salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Tobacco Mosaic Virus (TMV)

Gambar daun tembakau yang terserang mosaik, salah satu penyakit yang disebabkan oleh virus Tobacco Mosaic Virus (TMV)

Setelah satu dasawarsa, hipotesis ini diuji kembali oleh Dimitri Ivonowsky yang melakukan pengujian dengan mengalirkan getah dari daun tembakau yang telah terinfeksi melalui saringan yang telah didesain untuk mengumpulkan bakteri ke tembakau yang sehat, ternyata tembakau kedua ini tertular penyakit. Dia melakukan ekstraksi lagi pada daun tembakau kedua dan mengalirkannya pada tembakau ketiga, hasilnya tetap sama, yaitu tanaman ketiga terinfeksi penyakit ini juga. Sehingga dia menyimpulkan bahwa patogen tersebut memiliki kemampuan bereproduksi di peralatan yang digunakannya.

Selanjutnya pada tahun 1935, saintis Amerika Wendell Crenley berhasil mengkristalkan partikel penginfeksi tersebut yang sekarang dikenal dengan Tobacco Mosaik Virus (TMV), dan setelah itu maka jenis-jenis virus lainnya dapat dilihat dengan menggunakan mikroskop elektron.

b. Burik kuning

Burik kuning menyerang pada tanaman padi dan aster melalui plasmodesmata sehingga menyebar ke seluruh tubuh tanaman. Ini disebabkan plasmodesmata berfungsi untuk menghubungkan ruang-ruang antar sel.

c. Kerdil

Gambar hama wereng penyebar virus tungro (Nephottotix virescens)

Gambar hama wereng penyebar virus tungro
(Nephottotix virescens)

Tanaman yang terserang virus tungro, pertumbuhannya akan terhambat sehingga tampak kerdil, penyebarannya oleh perantara serangga wereng coklat dan wereng hijau berpindah dari tanaman satu ke tanaman lainnya . Untuk mengatasi virus tungro ini pemerintah telah menggalakan penanaman padi VUTW (varietas unggul tahan wereng. Demikian penjelasan singkat tentang contoh penyakit yang disebabkan oleh virus pada tumbuhan dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Penyakit Yang Disebabkan Oleh Virus Pada Tumbuhan"