Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia Yang Menguntungkan

Biologipedia.com - Peranan virus dalam kehidupan manusia bisa dilihat dari 2 aspek, yaitu peranan virus yang menguntungkan dan peranan virus yang merugikan dalam kehidupan. Virus ada yang menguntungkan dan ada juga virus yang merugikan. Ada berbagai macam virus yang dapat dijumpai di lingkungan sekitar kita. Berikut ini peranan virus dalam kehidupan manusia.

DNA sebagai pembawa materi genetik dapat mengubah sifat makhluk hidup. Dalam siklus lisogenik, penggabungan DNA bakteri dan DNA virus menjadikan DNA bakteri mengandung DNA virus. Pada saat DNA virus aktif dan DNA bakteri hancur, sebagian DNA bakteri tidak hancur sehingga sebagian DNA virus tetap membawa gen bakteri. Jika di dalam DNA virus terkandung DNA bakteri A dan DNA virus tersebut menginfeksi bakteri B, di dalam bakteri B mengandung DNA virus dan DNA bakteri A. Dengan demikian, sebagian sifat bakteri A dapat dimiliki oleh bakteri B. Berdasarkan teori di atas, virus dapat berperan dalam berbagai hal.

Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia

Virus mempunyai peranan yang menguntungkan dan merugikan dalam kehidupan manusia

Memproduksi Vaksin

Peranan virus dalam kehidupan manusia yang pertama adalah untuk memproduksi vaksin. Vaksin merupakan patogen yang telah dilemahkan sehingga tidak berbahaya jika menyerang manusia. Ada beberapa virus yang dimanfaatkan untuk memproduksi vaksin. Jika telah diberi vaksin, tubuh manusia akan dapat memproduksi antibodi sehingga jika sewaktu-waktu terserang patogen yang sebenarnya, tubuh manusia tersebut telah kebal karena di dalam tubuhnya telah diproduksi antibodi patogen tersebut.

Membuat Antitoksin

Peranan virus dalam kehidupan manusia yang kedua adalah untuk membuat antitoksin. Antitoksin dapat dibuat dengan menggabungkan DNA virus dan gen yang mempunyai sifat menguntungkan sehingga jika virus menginfeksi bakteri, di dalam sel bakteri tersebut terkandung gen yang menguntungkan. Gen manusia adalah gen yang menguntungkan yang dapat mengendalikan produksi antitoksin. Jika oleh DNA virus, DNA manusia disambungkan dengan DNA bakteri, sel bakteri tersebut akan mengandung gen manusia penghasil antitoksin. Jadi, yang mulanya gen bakteri tidak mengandung antitoksin manusia, sekarang mampu memproduksi antitoksin manusia.

Pembelahan akan terus-menerus dilakukan oleh bakteri. Setiap bakteri baru dipastikan mengandung antitoksin yang dihasilkan oleh DNA manusia. Antitoksin dapat dipisahkan dan dimanfaatkan untuk pelawan penyakit pada manusia. Dengan rekayasa genetik, dapat dikatakan bahwa virus dapat dimanfaatkan sebagai perantara gen manusia atau gen makhluk hidup lainnya untuk masuk ke dalam sel bakteri agar sel bakteri tersebut membawa sifat gen manusia atau gen makhluk hidup lain.

c. Melemahkan Bakteri

Peranan virus dalam kehidupan manusia selanjutnya adalah untuk melamahkan virus. Virus yang menyerang bakteri patogen merupakan virus yang menguntungkan. Jika DNA virus lisogenik menginfeksi DNA bakteri patogen, bakteri tersebut menjadi melemah atau tidak berbahaya. Demikian penjelasan singkat tentang peranan virus dalam kehidupan manusia yang menguntungkan dan semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Peranan Virus Dalam Kehidupan Manusia Yang Menguntungkan"