Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik

No comment 7461 views

Biologipedia.com - Perbedaan sel prokariotik dan eukariotik terletak pada lengkap tidaknya struktur sel (bagian-bagian sel) terutama pada bagian membran nukleus. Sel prokariotik artinya sel yang tidak memiliki membran nukleus (selubung nukleus). Nukleus pada sel ini tidak terlihat jelas karena tidak ada membran yang memisahkannya dengan sitoplasma.

Nukleus hanya dapat dilihat dengan cara menandai cairan yang lebih kental dari cairan sitoplasma. Cairan kental inilah yang merupakan nukleus (inti sel). Selain itu, organel sel yang lain juga tidak tampak jelas karena tidak memiliki membran atau selaput dan bercampur dengan sitoplasma. Contoh sel prokariotik adalah bakteri.

Sel eukariotik artinya sel yang sudah mempunyai nukleus yang sebenarnya, yaitu nukleus yang terbungkus oleh membran atau selaput. Walaupun nukleus tercelup dalam sitoplasma, nukleus dapat terlihat jelas karena ada membran yang memisahkannya dengan sitoplasma. Seperti halnya nukleus, organel sel yang lainnya juga terlihat jelas karena sudah memiliki membran. Contoh sel eukariotik adalah sel manusia, hewan, dan tumbuhan.

Selain ada tidaknya membran nukleus, perbedaan sel prokariotik dan eukariotik dapat dilihat juga dari organel-organel sel lainnya. Flagel pada eukariotik lebih lebar sedangkan pada prokariotik memiliki flagel sepersepuluh flagel eukariotik. Organisasi seluler dan genetik prokariotik berbeda secara mendasar dari organisme eukariotik.

Perbandingan struktur sel yang menunjukkan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik.

Perbandingan struktur sel bakteri dan tumbuhan yang menunjukkan perbedaan sel prokariotik dan eukariotik.

Sel prokariotik memiliki genom yang lebih kecil dan lebih sederhana, kurang lebih sel prokariotik memiliki genom seperseribu DNA sel eukariotik. Membran prokariotik telah mengalami spesialisasi, yakni adanya lipatan-lipatan ke arah dalam oleh membran plasma hasil sisa krista-krista mitokondria yang berfungsi dalam respirasi seluler prokariotik aerobik. Genom prokariotik hanya sebuah molekul DNA sirkular untai ganda, sedangkan eukariotik memiliki molekul DNA linear yang berasosiasi dengan protein. Secara umum, perbedaan sel prokariotik dan eukariotik dapat dijabarkan sebagai berikut.

Sel Prokariotik mempunyai ciri-ciri :

  1. Tidak memiliki inti yang sebenarnya, materi inti tersebar dalam sitoplasma karena tidak mempunyai membrane inti
  2. Memiliki DNA yang lebih sederhana, lebih sedikit mengandung pasangan basa nukleotida, berbentuk sirkuler
  3. Hanya memiliki kromosom tunggal
  4. Tidak memiliki intron, hanya ekson
  5. Memiliki operon
  6. Proses transkipsi dan translasi dapat terjadi secara simultan
  7. Proses transkipsi terjadi lebih sederhana
  8. Proses regulasi sintesis protein lebih sederhana

Sel Eukariotik mempunyai ciri-ciri :

  1. Memiliki nukleus yang sebenarnya karena materi inti dilingkupi oleh membrane inti
  2. Memiliki DNA yang lebih kompleks, lebih banyak mengandung pasangan basa nukleotida, sehingga harus digulung pada protein histon (ada histonnya)
  3. Memiliki kromosom lebih dari 1 (satu)
  4. Memiliki intron dan ekson
  5. Tidak memiliki operon
  6. Transkipsi terjadi di inti, dan translasi terjadi di sitoplasma. Keduanya tidak dapat berjalan secara bersamaan.
  7. Transkipsi lebih rumit terjadi, dikarenakan akses RNA polymerase terhadap DNA lebih lama akibat DNA dikemas secara kompak dengan protein histon
  8. Proses regulasi sintesis proteinnya lebih kompleks

Demikian penjelasan tentang perbedaan sel prokariotik dan eukariotik, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Perbedaan Sel Prokariotik Dan Eukariotik"