Perbedaan Virus Dan Bakteri

No comment 3953 views

Biologipedia.com - Perbedaan virus dan bakteri dapat dilihat dari ciri-ciri dan karekteristiknya. Virus merupakan organisme nonseluler yang hanya dapat hidup di dalam organisme yang lain. Tubuh virus hanya tersusun oleh asam nukleat (DNA atau RNA saja) dan protein. Sedangkan bakteri merupakan organisme seluler bersel satu. Bakteri mempunyai DNA dan RNA yang dilengkapi dengan organel sel yang lainnya meskipun masih sederhana.

Dilihat dari ukurannya, perbedaan virus dan bakteri tampak jelas. Virus mempunyai ukuran yang lebih kecil dari bakteri. Virus berukuran ultra-mikroskopis yaitu 28 -200 nm dan dapat melewati saringan bakteri. Berikut ini disajikan daftar perbedaan virus dan bakteri secara umum dilihat dari ciri-ciri keduanya.

Ciri-ciri dan karakteristik virus :

  1. Virus berasal dari bahasa latin “Venom” berarti racun
  2. Virus berukuran ultra-mikroskopis: 28 -200 nm
  3. Virus merupakan organisme nonseluler
  4. Parasit obligat
  5. Tubuh disusun oleh asam nukleat (DNA atau RNA) dan protein
  6. Dapat memperbanyak diri dalam jaringan/ organisme hidup
  7. Dapat melewati saringan bakteri
  8. Dapat dikristalkan
Perbandingan struktur tubuh perbedaan virus dan bakteri

Perbandingan struktur tubuh perbedaan virus dan bakteri

Ciri-ciri dan karakteristik bakteri :

Bakteri memiliki ciri-ciri yang membedakannnya dengan mahluk hidup lain yaitu :

  1. Organisme selluler (uniseluler / bersel satu). Bakteri berasal dari kata “bacterion” yang berarti “smallstick”, merupakan organisme mikroskopis yang tersusun atas satu sel.
  2. Prokariot (tidak memiliki membran inti sel )
  3. Umumnya tidak memiliki klorofil
  4. Ukuran bakteri yang paling besar kira-kira 100 m. Ada pula yang kurang dari 1 m dan yang terkecil kira-kira berukuran 0,1 m (1 mikron = 0,001 mm). Bakteri hanya dapat diamati dengan menggunakan mikroskop. Ukuran bakteri yang lebih kecil dari 0,1 m hanya dapat diamati dengan mikroskop elektron.
  5. Memiliki bentuk tubuh yang beraneka ragam
  6. Hidup bebas atau parasit
  7. Hidup secara sendiri-sendiri (soliter) atau berkelompok (koloni)
  8. Hidup di lingkungan ekstrim seperti pada mata air panas,kawah atau gambut dan hidup di sekitar kita, mulai dari daerah tropis hingga kutub, dataran rendah hingga pegunungan dan juga pada tubuh kita dinding selnya tidak mengandung peptidoglikan.
  9. Termasuk jenis organisme yang jumlahnya melimpah.
  10. Hidupnya kosmopolit di berbagai lingkungan dan dinding selnya mengandung peptidoglikan. Kosmopolit atau kosmopolitan artinya memiliki kemampuan adaptasi hidup di berbagai habitat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Perbedaan Virus Dan Bakteri"