Reproduksi Bakteri Secara Aseksual

No comment 2813 views

Biologipedia.com - Reproduksi bakteri secara aseksual pada umumnya dilakukan dengan pembelahan biner. Pembelahan biner bakteri artinya adalah pembelahan yang terjadi secara langsung, dari satu sel membelah menjadi dua sel anakan. Masing-masing sel anakan akan membentuk dua sel anakan lagi, demikian seterusnya.

Reproduksi bakteri dengan pembelahan biner diawali dengan proses replikasi DNA menjadi dua kopi DNA identik, diikuti pembelahan sitoplasma dan akhirnya terbentuk dinding pemisah di antara kedua sel anak bakteri. Agar lebih jelas, perhatikan gambar berikut yang menunjukkan tentang proses reproduksi bakteri secara aseksual melalui pembelahan biner (membelah diri).

Gambar reproduksi bakteri secara aseksual dengan pembelahan biner (membelah diri)

Gambar reproduksi bakteri secara aseksual dengan pembelahan biner (membelah diri)

Bagaimanakah kecepatan pertumbuhan populasi bakteri? Mengapa bakteri patogen tetap ada sekalipun berbagai antibiotik pelawannya telah digunakan? Mengapa tidak juga dipenuhi oleh bakteri? Coba anda lakukan aktivitas di bawah ini yang bertujuan untuk menghitung pertambahan populasi bakteri.

Bakteri Eschericcia coli membelah setiap 20 menit, artinya satu sel bakteri E.coli melalui proses pembelahan biner, 20 menit kemudian menjadi 2 sel bakteri.

  1. Hitunglah berapa besar populasi E.coli jika satu sel bakteri membelah dalam waktu 24 jam! Berapa pula besar populasinya jika membelah dalam waktu seminggu (7 hari) ?
  2. Lakukanlah kajian kepustakaan untuk menjawab masalah berikut ini! (a) Berbagai antibiotik pelawan bakteri telah ditemukan dan digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan infeksi bakteri. (b) Mengapa bakteri patogen penyebab penyakit tidak pernah musnah? (c) Jika bakteri berkembang dengan pesat, mengapa dunia ini tidak dipenuhi dengan bakteri?

Bakteri berukuran sangat kecil dan cepat sekali bereproduksi (berkembangbiak) sehingga jangan heran jika banyak bakteri patogen disekeliling kita walaupun sudah banyak antibiotik untuk melawannya. Walaupun cepat berkembang biak, namun bakteri mempunyai siklus hidup yang tidak lama. Bakteri akan mati jika nutrisi yang ada pada medium habitatnya habis. Itulah sebabnya dunia ini tidak dipenuhi oleh bakteri. Lihatlah kurva pertumbuhan bakteri berikut ini.

Gambar kurva pertumbuhan bakteri

Gambar kurva pertumbuhan bakteri

Demikian penjelasan siangkat tentang reproduksi bakteri secara aseksual dengan pembelahan biner (membelah diri). Terima kasih atas kunjungan Anda dan semoga bermanfaat. Anda juga dapat membaca artikel biologi lain tentang reproduksi bakteri secara seksual pada halaman lain blog ini.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Reproduksi Bakteri Secara Aseksual"