Reproduksi Virus Berdasarkan Asam Nukleat Penyusunnya

Biologipedia.com - Berdasarkan asam intinya, reproduksi virus atau sering disebut replikasi virus dapat dibedakan menjadi reproduksi virus yang berasam inti DNA dan reproduksi virus yang berasam inti RNA. Untuk dapat mereproduksi asam nukleat dan mensintesis protein selubungnya, virus bergantung pada sel-sel inang. Reproduksi virus ini menyebabkan rusaknya sel inang. Setelah itu, virus akan keluar dari sel inang. Di luar sel inang, virus disebut sebagai partikel virus yang disebut virion. Berikut ini gambaran singkat reproduksi virus berdasarkan asam nukleat penyusunnya.

1. Virus dengan Asam Inti DNA

Tahapan reproduksi virus ini diawali dengan virus menginfeksi sel inang dan memperbanyak diri menjadi beberapa DNA. Beberapa DNA virus mengalami transkripsi menjadi mRNA penghasil selubung protein virus. mRNA menghasilkan enzim yang dapat menghancurkan dinding sel inang. Hancurnya sel inang menjadikan virus-virus baru berhamburan keluar dan virus-virus baru ini siap menginfeksi sel-sel inang lain. Contoh virus berasam inti DNA adalah virus cacar, virus herpes, dan bakteriofage.

Virus DNA Bakteriofage

Bakteriofage, salah satu contoh virus DNA (sumber gambar : theexplanation.com)

2. Virus dengan Asam Inti RNA

Contoh virus yang asam intinya berupa RNA adalah virus AIDS. Tahapan reproduksi virus tipe ini dimulai dengan RNA virus AIDS menginfeksi sel inang, lalu melakukan penerjemahan balik membentuk RNA-DNA baru dan membentuk DNA virus.

Selanjutnya, DNA virus masuk ke dalam inti sel inang yang menyebabkan DNA inang mengandung DNA virus. DNA virus membentuk mRNA dari inti. RNA virus membentuk protein virus di dalam sitoplasma sel inang. RNA virus dan protein virus akhirnya bergabung membentuk HIV.

Virus RNA HIV

Virus HIV, salah satu contoh virus RNA (sumber gambar : en.wikipedia.org)

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Reproduksi Virus Berdasarkan Asam Nukleat Penyusunnya"