Struktur Dan Fungsi Akar Pada Tumbuhan

No comment 4542 views

Struktur Dan Fungsi Akar - Artikel biologi kali ini akan mengulas tentang struktur dan fungsi akar pada tumbuhan. Akar termasuk salah satu organ tumbuhan. Pengertian organ adalah kumpulan beberapa jaringan yang secara bersama-sama melakukan fungsi khusus. Organ pokok tumbuhan terdiri atas akar, batang, dan daun. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan singkat tentang struktur dan fungsi akar tumbuhan berikut.

Fungsi Akar Pada Tumbuhan

Fungsi akar pada tumbuhan secara umum adalah :

  1. Sebagai tempat melekatnya tumbuhan pada media (tanah) karena akar memiliki kemampuan menerobos lapisan-lapisan tanah.
  2. Menyerap garam mineral dan air melalui bulu-bulu akar.
  3. Pada beberapa tanaman, akar digunakan sebagai tempat penyimpanan makanan cadangan, misalnya wortel dan ketela pohon.
  4. Pada tanaman tertentu, seperti jenis tumbuhan bakau (Rhizopora sp.) akar berperan untuk pernapasan.

Jaringan Penyusun Akar

Dalam mengulas tentang struktur dan fungsi akar pada tumbuhan, tentu tidak akan bisa lepas dari jaringan penyusun akar. Akar berkembang dari meristem apikal di ujung akar yang dilindungi kaliptra (tudung akar). Meristem apikal selalu membelah diri menghasilkan sel-sel baru. Sel-sel baru terbentuk pada bagian tudung akar atau bagian dalam meristem apikal.

Pembelahan meristem apikal membentuk daerah pemanjangan, disebut zona perpanjangan sel. Di belakangnya terdapat zona diferensiasi sel dan zona pendewasaan sel. Pada zona diferensiasi sel, sel-sel akar berkembang menjadi beberapa sel permanen. Misalnya beberapa sel terdiferensiasi menjadi xilem, floem, parenkim, dan sklerenkim.

Struktur Morfologi Dan Anatomi Akar Tumbuhan

Struktur Morfologi Dan Anatomi Akar Tumbuhan (Sumber Gambar : Hamparan Dunia Ilmu Timeā€“Life, Tira Pustaka)

Secara umum jaringan penyusun akar tumbuhan adalah sebagai berikut.

  • Epidermis terdiri dari satu lapis sel yang tersusun rapat. Dinding selnya tipis sehingga mudah ditembus air. Memiliki rambut-rambut akar yang merupakan hasil aktivitas sel dari belakang titik tumbuh. Rambut-rambut akar berfungsi memperluas bidang penyerapan.
  • Korteks terdiri dari banyak sel dan tersusun berlapislapis, dinding selnya tipis dan mempunyai banyak ruang antar sel untuk pertukaran gas. Jaringan-jaringan yang terdapat pada korteks antara lain: parenkim, kolenkim, dan sklerenkim.
  • Endodermis terletak di sebelah dalam korteks. Endodermis berupa satu lapis sel yang tersusun rapat tanpa ruang antarsel. Dinding selnya mengalami penebalan gabus. Deretan sel-sel endodermis dengan penebalan gabusnya dinamakan pita kaspari. Penebalan gabus ini tidak dapat ditembus oleh air, sehingga air harus masuk ke silinder pusat melalui sel endodermis yang dindingnya tidak menebal, yang disebut sel penerus air. Endodermis merupakan pemisah antara korteks dengan stele.
  • Stele (silinder pusat) terletak di sebelah dalam endodermis. Berkas pengangkutan terdapat di antara stele.
Gambar struktur anatomi akar pada penampang melintang akar tumbuhan dikotil dan monokotil (Sumber : Biology, Campbell)

Gambar struktur anatomi akar pada penampang melintang akar tumbuhan dikotil dan monokotil (Sumber : Biology, Campbell)

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Struktur Dan Fungsi Akar Pada Tumbuhan"