Struktur Dan Fungsi Sel Eukariotik : Membran Sel

Biologipedia.com - Artikel biologi kali ini akan mengulas tentang struktur dan fungsi sel eukariotik yaitu organel membran sel. Struktur dan fungsi sel eukariotik tentu berbeda dengan sel prokariotik. Sel eukariotik mempunyai organel sel yang lebih lengkap dan fungsi yang lebih kompleks. Oleh karena itu, pembahasan struktur dan fungsi sel eukariotik akan dijelaskan satu per satu setiap organel sel.

Semua sel eukariotik memiliki membran inti. Selain itu, sel eukariotik memiliki sistem endomembran, yakni memiliki organelorganel bermembran seperti retikulum endoplasma, kompleks Golgi, mitokondria, dan lisosom. Sel eukariotik juga memiliki sentriol. Berikut gambar sel tumbuhan beserta bagian dan keterangannya. Sel tumbuhan termasuk sel eukariotik.

Gambar struktur sel tumbuhan dan bagian-bagiannya (sumber : Biology, Campbell)

Gambar struktur sel tumbuhan dan bagian-bagiannya (sumber : Biology, Campbell)

Fungsi Membran Sel (Selaput Plasma atau Membran Plasma)

Membran sel merupakan bagian terluar sel yang membatasi bagian dalam sel dengan lingkungan luar. Membran sel merupakan selaput selektif permeabel, artinya hanya dapat dilalui molekul-molekul tertentu seperti glukosa, asam amino, gliserol, dan berbagai ion. Membran sel mempunyai beberapa fungsi sebagai berikut.

  1. Sebagai reseptor (penerima) rangsang dari luar, seperti hormon dan bahan kimia lain, baik dari lingkungan luar maupun dari bagian lain dalam organisme itu sendiri.
  2. Melindungi agar isi sel tidak keluar meninggalkan sel.
  3. Mengontrol zat-zat yang boleh masuk maupun keluar meninggalkan sel. Hal inilah yang menyebabkan membran plasma bersifat semipermeabel (selektif permeabel).
  4. Sebagai tempat terjadinya kegiatan biokimiawi, seperti reaksi oksidasi dan respirasi.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Struktur Dan Fungsi Sel Eukariotik : Membran Sel"