Struktur Fungsi Rongga Mulut Dan Kerongkongan

Artikel biologi kali ini akan mengulas tentang struktur fungsi rongga mulut dan kerongkongan secara singkat, jelas, dan lengkap. Makanan pertama kali masuk ke dalam tubuh melalui mulut. Makanan ini mulai dicerna secara mekanis dan kimiawi. Di dalam terdapat beberapa alat yang berperan dalam proses pencernaan yaitu gigi, lidah, dan kelenjar ludah (glandula salivales). Jadi, fungsi mulut adalah sebagai tempat mencerna makanan secara mekanis dan kimiawi sebelum makanan masuk ke kerongkongan (esofagus).

struktur-rongga-mulut-manusia

Gambar struktur rongga mulut manusia (sumber : ivyroses.com)

a. Struktur Dan Fungsi Gigi Manusia

Pada manusia, gigi berfungsi sebagai alat pencernaan mekanis. Di sini, fungsi gigi adalah membantu memecah makanan menjadi potongan-potongan yang lebih kecil. Hal ini akan membantu enzim-enzim pencernaan agar dapat mencerna makanan lebih efisien dan cepat. Selama pertumbuhan dan perkembangan, gigi manusia mengalami perubahan, mulai dari gigi susu dan gigi tetap (permanen).

Gigi pertama pada bayi dimulai saat usia 6 bulan. Gigi pertama ini disebut gigi susu (dens lakteus). Pada anak berusia 6 tahun, gigi berjumlah 20. Berikut susunan gigi manusia ketika masih anak-anak usia sekitar 6 tahun.

  • Gigi seri (dens insisivus), berjumlah 8 buah, dan fungsi gigi seri adalah untuk memotong makanan.
  • Gigi taring (dens caninus), berjumlah 4 buah, berfungsi untuk merobek makanan.
  • Gigi geraham kecil (dens premolare), berjumlah 8 buah, berfungsi untuk mengunyah makanan.

Ketika usia anak berkisar antara 6 tahun hingga 14 tahun, gigi susu mulai tanggal dan kemudian digantikan oleh gigi permanen. Gigi permanen berjumlah 32 buah, yang berarti ada penambahan geraham besar yang berjumlah 12 buah.

susunan-gigi-susu-dan-permanent

Gambar susunan gigi manusia ketika masih anak-anak dan dewasa (sumber : dentaltechniciannotes.blogspot.com)

susunan-dan-keterangan--gigi-susu-dan-permanen

Gambar dan keterangan susunan gigi susu dan permanen pada manusia

Rumus gigi susu dan gigi permanen adalah sebagai berikut :

rumus-gigi-susu-dan-permanen-manusia

Gambar rumus gigi susu dan gigi permanen manusia

Setiap gigi tertanam dalam rahang dan dilindungi oleh gusi. Struktur luar gigi terdiri atas bagian-bagian berikut.
1) Mahkota gigi (corona) merupakan bagian yang tampak dari luar.
2) Akar gigi (radix) merupakan bagian gigi yang tertanam di dalam rahang.
3) Leher gigi (colum) merupakan bagian yang terlindung oleh gusi.

Adapun penampang gigi dapat diperlihatkan bagian-bagiannya sebagai berikut.

  • Email (glazur atau enamel) merupakan bagian terluar gigi. Email merupakan struktur terkeras dari tubuh, mengandung 97% kalsium dan 3% bahan organik. Fungsi email gigi adalah melindungi gigi dari zat yang sangat keras dan melindungi gigi saat menggigit dan mengunyah.
  • Tulang gigi (dentin), berada di sebelah dalam email, tersusun atas zat dentin.
  • Sumsum gigi (pulpa), merupakan bagian yang paling dalam. Di pulpa terdapat kapiler, arteri, vena, dan saraf.
  • Semen merupakan pelapis bagian dentin yang masuk ke rahang.
struktur-gigi-manusia

Gambar struktur gigi manusia (sumber : Biology, Raven and Johnson)

b. Struktur Dan Fungsi Lidah Pada Manusia

Fungsi lidah dalam sistem pencernaan adalah untuk membantu mencampur dan menelan makanan, mempertahankan makanan agar berada di antara gigi-gigi atas dan bawah saat makanan dikunyah serta sebagai alat perasa makanan. Selain itu, lidah juga berfungsi sebagai alat perasa makanan karena mengandung banyak reseptor pengecap atau perasa. Bintil-bintil pengecap rasa yang terdapat di permukaan lidah disebut papillae.

Semua bagian lidah sebenarnya dapat mengecap semua rasa, akan tetapi ada bagian tertentu yang lebih peka terhadap rasa tertentu pula. Contohnya adalah bagian ujung lidah lebih peka terhadap rasa manis, bagian samping depan lidah lebih peka terhadap rasa asin, bagian samping belakang lidah lebih peka terhadap rasa asam, dan bagian belakang lidah lebih peka terhadap rasa pahit.

pengecap-rasa-lidah

Gambar bagian lidah untuk pengecap rasa (sumber : what-when-how.com)

struktur-lidah-manusia

Gambar Struktur Lidah Manusia (sumber : dreamstime.com)

Struktur lidah tersusun atas otot lurik dan permukaannya dilapisi dengan lapisan epitelium yang banyak mengandung kelenjar lendir (mukosa). Terdapat tiga pasang di dalam rongga mulut, yaitu glandula parotis, glandula sublingualis dan glandula submandibularis.

Fungsi kelenjar ludah adalah menghasilkan cairan ludah yang mengandung enzim amilase (ptyalin) untuk proses pencernaan makanan secara kimiawi di dalam mulut. Berikut penjelasan singkat tentang macam-macam kelenjar ludah pada manusia.

  • Grandula parotis, yaitu kelenjar ludah yang terletak di dekat telinga dan memproduksi ludah berbentuk cair yang disebut serosa.
  • Grandula submandibularis, yaitu kelenjar ludah yang berada di rahang bawah dan memproduksi ludah berbentuk air dan lendir yang disebut seromucus.
  • Grandula sub lingualis, yaitu kelenjar ludah yang berada di bawah lidah dan memproduksi air ludah yang sama dengan grandula submandibularis.
struktur-anatomi-kelenjar-ludah-manusia

Gambar struktur anatomi kelenjar ludah manusia (sumber : noticias.lainformacion.com)

Air ludah berperan penting dalam proses perubahan zat makanan secara kimiawi yang terjadi di dalam mulut. Setelah makanan dilumatkan secara mekanis oleh gigi, air ludah berperan secara kimiawi dalam proses membasahi dan membuat makanan menjadi lembek agar mudah ditelan. Ludah terdiri atas air (99%) dan enzim amilase (ptialin). Fungsi enzim amilase adalah untuk menguraikan pati dalam makanan menjadi gula sederhana (glukosa dan maltosa).

Makanan yang telah dilumatkan dengan dikunyah dan dilunakkan di dalam mulut oleh air liur disebut bolus. Bolus ini diteruskan ke sistem pencernaan selanjutnya. Jadi, dapat disimpulkan bahwa proses pencernaan yang terjadi di mulut adalag proses mekanik yang dilakukan oleh gigi, dan proses kimiawi yang dilakukan oleh enzim amilase (ptyalin).

c. Struktur Dan Fungsi Kerongkongan (Esofagus) Pada Manusia

Kerongkongan merupakan saluran panjang (± 25 cm) yang tipis sebagai jalan bolus dari mulut menuju ke lambung. Fungsi kerongkongan adalah sebagai jalan bolus dari mulut menuju lambung. Bagian dalam kerongkongan senantiasa basah oleh cairan yang dihasilkan oleh kelenjar-kelenjar yang terdapat pada dinding kerongkongan untuk menjaga agar bolus menjadi basah dan licin.

Keadaan ini akan mempermudah bolus bergerak melalui kerongkongan menuju ke lambung. Bergeraknya bolus dari mulut ke lambung melalui kerongkongan disebabkan adanya gerak peristaltik pada otot dinding kerongkongan. Gerak peristaltik dapat terjadi karena adanya kontraksi otot secara bergantian pada lapisan otot yang tersusun secara memanjang dan melingkar. Jadi, gerak peristaltik adalah gerak meremas-remas otot dinding kerongkongan yang berfungsi untuk mendorong makanan ke lambung.

gerak-peristaltik-kerongkongan

Gambar proses gerak peristaltik pada kerongkongan (sumber : Biology, Solomon)

Tahukah Anda mengapa saat menelan makanan, bolus tidak dapat masuk ke dalam saluran pernapasan? Sebelum seseorang mulai makan, bagian belakang mulut (atas) terbuka sebagai jalannya udara dari hidung. Di kerongkongan, epiglotis yang seperti gelambir mengendur sehingga udara masuk
ke paru-paru.

Ketika makan, makanan dikunyah dan ditelan masuk ke dalam kerongkongan. Sewaktu makanan bergerak menuju kerongkongan, langit-langit lunak beserta jaringan mirip gelambir di bagian belakang mulut (uvula) terangkat ke atas dan menutup saluran hidung. Sementara itu, sewaktu makanan bergerak ke arah tutup trakea, epiglotis akan menutup sehingga makanan tidak masuk trakea dan paru-paru tetapi makanan tetap masuk ke kerongkongan.

proses-menelan-makanan

Gambar proses menelan makanan (sumber : biology911.wordpress.com)

Bagaimana sobat biologipedia? Cukup jelas bukan uraiannya? Apabila ada pertanyaan dan tambahan dari Anda silahkan bisa menuliskannya melalui kolom komentar yang tersedia. Semoga artikel tentang struktur fungsi rongga mulut dan kerongkongan dapat bermanfaat.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Struktur Fungsi Rongga Mulut Dan Kerongkongan"