Struktur Tubuh Bakteri

No comment 3855 views

Biologipedia.com - Struktur tubuh bakteri dilihat dari bentuknya memiliki bentuk sel yang bervariasi, bulat (coccus), batang (bacillus) dan lengkung (vibrio, coma atau spiral). Umumnya sel bakteri yang berbentuk bulat berdiameter sekitar 0,7 - 1,3 mikron. Sedangkan sel bakteri berbentuk batang lebarnya sekitas 0,2 - 2,0 mikron dan panjangnya 0,7 - 3,7 mikron.

Struktur tubuh bakteri pada umumnya dapat dibagi menjadi 3 bagian yaitu dinding sel, protoplasma (di dalamnya terdapat membran sel, mesosom, lisosom, DNA, endospora), dan bagian yang terdapat di luar dinding sel seperti kapsul, flagel, pilus. Diantara bagian-bagian tersebut ada yang selalu didapatkan pada sel bakteri, yaitu membran sel, ribosom dan DNA. Bagian-bagian ini disebut sebagai invarian.

Sedangkan bagian-bagian yang tidak selalu ada pada setiap sel bakteri, misalnya dinding sel, flagel, pilus, dan kapsul. Bagianbagian ini disebut varian. Untuk lebih jelasnya coba cermati gambar berikut!

Gambar struktur tubuh bakteri (Sumber : Microsoft Encarta 2006)

Gambar struktur tubuh bakteri (Sumber : Microsoft Encarta 2006)

Berikut ini penjelasan tentang bagian-bagin struktur tubuh bakteri secara rinci.

a. Membran sel

Struktur tubuh yang pertama adalah membran sel. Membran sel merupakan selaput yang membungkus sitoplasma beserta isinya, terletak di sebelah dalam dinding sel, tetapi tidak terikat erat dengan dinding sel. Membran sel mempunyai fungsi dan peranan sangat vital bagi bakteri. Bagian ini merupakan batas antara bagian dalam sel dengan lingkungannya. Jika membran sel pecah atau rusak, maka sel bakteri akan mati.

Membran sel terdiri atas dua lapis molekul fosfolipid. Pada lapisan fosfo-lipid ini terdapat senyawa protein dan karbohidrat dengan kadar berbeda-beda pada berbagai sel bakteri.

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Struktur Tubuh Bakteri"