Transpor Aktif Dan Pasif Pada Membran Sel

Biologipedia.com - Perbedaan transpor aktif dan pasif terletak pada penggunaan energi sel dalam proses transpor. Transpor aktif dan pasif berkaitan erat dengan sifat membran sel atau membran plasma yang bersifat selektif permeabel (semipermeabel) yang artinya membran plasma hanya dapat dilalui oleh molekul atau ion tertentu. Oleh karena itu, ada 2 macam cara perpindahan molekul atau ion melewati membran sel, yaitu transpor aktif dan transpor pasif. Secara singkat pengertian transpor aktif dan pasif dapat dijelaskan sebagai berikut.

Transpor pasif

Transpor pasif adalah perpindahan molekul atau ion tanpa menggunakan energi sel. Perpindahan molekul tersebut terjadi secara spontan dari konsentrasi tinggi ke rendah. Contoh transpor pasif adalah difusi dan osmosis.

a. Difusi

Pengertian difusi adalah perpindahan molekul-molekul dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah baik melalui membran plasma ataupun tidak. Molekul dan ion yang terlarut dalam air bergerak secara acak dengan konstan. Gerakan acak ini mendorong terjadinya difusi. Difusi dapat dibedakan menjadi dua, yaitu difusi sederhana dan difusi terbantu atau difusi terfasilitasi (facilitated diffusion).

Difusi Sederhana

Molekul zat dapat berdifusi secara spontan hingga dicapai kerapatan yang sama dalam suatu ruangan. Sebagai contoh, setetes parfum akan menyebar ke seluruh ruangan (difusi gas di dalam medium udara).

Molekul dari sesendok gula akan menyebar ke seluruh volume air dalam gelas meskipun tanpa diaduk (difusi zat padat di dalam medium air) sehingga kerapatan zat tersebut merata. Peristiwa difusi sederhana dapat diamati ketika kita memasukkan segumpal gula ke dalam air (a), molekulmolekulnya terlarut (b), dan tersebar (berdifusi) (c). Pada akhirnya proses difusi menyebabkan gula tersebar merata ke dalam air (d).

Gambar contoh proses difusi sederhana (sumber : Biology, Raven dan Johnson)

Gambar contoh proses difusi sederhana (sumber : Biology, Raven dan Johnson)

Difusi Terbantu / Terfasilitasi

Difusi terfasilitasi adalah proses difusi dengan perantara protein pembawa (carrier protein). Arah perpindahan molekul seperti halnya pada difusi biasa yaitu dari konsentrasi tinggi ke konsentrasi rendah, hanya saja protein pembawa membantu proses perpindahan molekul ini.

Difusi terfasilitasi merupakan transpor melalui media pembawa. Pada proses ini, molekul diikat oleh reseptor pada sisi luar sel dan dilewatkan melalui membran plasma oleh protein transmembran yang telah mengalami perubahan susunan. Setelah itu, protein pembawa kembali pada susunan semula. Protein pembawa juga dapat membuat celah yang dapat dilalui oleh ion-ion seperti Cl dan Na+.

Gambar contoh proses difusi terfasilitasi (sumber : Biology, Raven dan Johnson)

Gambar contoh proses difusi terfasilitasi (sumber : Biology, Raven dan Johnson)

Incoming search terms:

author
No Response

Leave a reply "Transpor Aktif Dan Pasif Pada Membran Sel"